13 Pilihan Wisata Kuliner Surabaya Kekinian dan Terkenal Kelezatannya

398

Beritaenam.com – Banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan ketika berlibur ke Surabaya. Kota ini menyimpan banyak tempat bersejarah penting. Ada pula wahana permainan yang komplet. Tidak ketinggalan, sebagai kota multietnis, Surabaya Juga menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik.

Di sini, Anda akan menjumpai beragam tempat makan yang enak dengan berbagai cita rasa. Bahkan, bisa dibilang, tempat makan enak di Surabaya bisa ditemukan di berbagai penjuru kota.

Untuk membantu dalam aktivitas perburuan kuliner enak di Surabaya, aplikasi direktori restoran Traveloka Eats bisa Anda manfaatkan.

Aplikasi ini menyediakan beragam informasi destinasi wisata kuliner seperti rating, review, menu, dan harga makanan.

Dari sekian banyak pilihan, berikut ini adalah 13 tempat makan enak di Surabaya yang lumayan digemari (mendapat rating & review cukup bagus dari) user Traveloka Eats:

 

Zangrandi

Jl. Yos Sudarso Nomor 15, Embong Kaliasin, Surabaya.

Kalau ingin menikmati kuliner es krim yang enak di Surabaya, tujuannya hanya satu, yakni Zangrandi. Kedai es krim yang satu ini memang sudah sangat terkenal. Apalagi, keberadaannya bisa ditelusuri sejak tahun 1930, didirikan oleh seorang berkebangsaan Italia bernama Renato Zangrandi.

Meski telah berusia puluhan tahun, cita rasa es krim Zangrandi tidak pernah mengalami perubahan. Es krim di tempat ini dibuat dengan resep yang sama sejak dulu. Pilihan eskrim yang bisa disantap di sini juga beragam.

Anda bisa mencoba mencicipi banana split, tutti frutti, noodle ice cream, tropicana fruit, copacabana, serta perpaduan antara es krim dengan waffle.

Selain mencicipi es krim lezat, Anda juga akan merasakan suasana zaman dulu yang sangat kental. Apalagi, bangunan kedai es krim Zangrandi tetap dipertahankan untuk memberi kesan vintage. Dengan kombinasi bangunan klasik dan es krim yang autentik tersebut, kedai ini selalu ramai oleh pengunjung.

 

Spikoe Resep Kuno

Jl. Rungkut Madya Nomor 14, Surabaya.

Bicara tentang oleh-oleh khas Surabaya, jawaban yang tepat adalah kue bernama spiku. Kue ini terbuat dari roti yang dibuat secara berlapis dan memiliki cita rasa khas. Untuk pilihan kue spiku yang enak, Anda bisa menemukannya di Spikoe Resep Kuno.

Di sini, Anda bisa menemukan 4 jenis kue spiku, yaitu spikoe raisin, spikoe tanpa kismis, spikoe prunes, serta yang terakhir adalah spikoe speculaas. Tampilan luar dari kue ini memang sederhana, tidak mencolok seperti kue kekinian.

Namun, apa pun pilihan kue spiku yang Anda bawa, roti ini memiliki tekstur yang lembut dan enak di lidah. Kue ini menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat ketika Anda berkunjung ke Surabaya.

Apalagi, kue tersebut memiliki ketahanan sampai 5 hari ketika ditaruh di suhu ruangan.
Dari segi rasa dan penampilan, kue ini juga cocok sebagai buah tangan untuk kolega,
rekan kerja, atau atasan.

 

Bebek Tepi Sawah

Jl. Darmokali Nomor 50, Surabaya.

Jaringan kuliner enak yang terkenal di Pulau Dewata Bali, Bebek Tepi Sawah, kini juga bisa dijumpai di Surabaya. Restoran Bebek Tepi Sawah Surabaya telah ada sejak akhir tahun 2015. Cita rasa kuliner yang ada di tempat ini pun tidak kalah lezat dibandingkan dengan Restoran Bebek Tepi Sawah yang ada di Bali.

Menu berbahan utama daging bebek bisa Anda dapatkan secara beragam di tempat ini. Menu tersebut antara lain adalah bebek tepi sawah crispy dan bebek betutu. Tidak ketinggalan, ada pula menu dengan bahan selain bebek, seperti cumi telur asin, gurami panggang, sate ayam lilit, atau ayam betutu.

Para tamu yang berkunjung ke tempat ini juga bisa merasakan kenyamanan selama menyantap makanan. Anda bisa memilih untuk makan di area outdoor dengan berteduhkan gazebo atau bisa pula menyantap menu enak di bagian dalam bangunan.

 

Spesial Belut Surabaya

Jl. Banyu Urip Kidul IV / 39 (Bok Abang) Surabaya.

Untuk Anda yang mengaku sebagai pencinta belut, ada kuliner belut yang enak di Surabaya, namanya Warung Spesial Belut Surabaya (SBS). Berkunjung ke warung ini, Anda akan mendapati padatnya pengunjung.

Mereka yang datang ke tempat tersebut berbondong-bondong untuk merasakan kelezatan berbagai jenis olahan belut.

Menu yang paling populer di tempat ini adalah pecel belut. Anda bisa memilih pecel belut basah, kering, atau biasa. Pilihan lainnya, tersedia spesial belut lada hitam, spesial belut saus tiram, serta spesial belut saus inggris. Kalau bosan dengan belut, ada pula alternatif menu lain, yakni daging burung dara serta lele.

Karena popularitasnya yang tinggi, tidak heran kalau pencinta kuliner belut di warung ini sangat banyak di Surabaya. Bahkan, total ada 7 kedai SBS yang bisa Anda temukan.

Selain di alamat yang telah disebutkan, ada lokasi lainnya di Surabaya, yakni di Ngagel Jaya Selatan, H.R. Muhammad, Ahmad Yani, Kayon, serta Kapas Krampung. Sebagai bonus, ada pula kedai SBS yang berlokasi di Sidoarjo, tepatnya di Jl. KH. Mukmin nomor 65.

 

Bebek Sinjay

Jl. H.R. Muhammad No. 159, Dukuh Pakis, Surabaya

Bebek Sinjay menjadi kedai dengan menu utama khas Bebek yang terkenal dari Bangkalan, Madura . Namun, ketika liburan ke Surabaya, Anda juga berkesempatan untuk mencicipi kuliner enak ini tanpa harus menyeberangi Jembatan Suramadu.

Sajian menu bebek di tempat ini dibuat dengan resep khusus. Bebek goreng yang siap disantap memiliki tekstur yang empuk. Di bagian atasnya, terdapat taburan serundeng.

Tidak lupa, sebagai pelengkap tersaji sambal pencit yang dibuat dari mangga muda. Selain di H.R. Muhammad, Anda bisa menjumpai kedai bebek legendaris dari Bangkalan, Madura ini di berbagai lokasi di Surabaya. Di antaranya adalah:
● Foodcourt Kapas Krampung Plaza Surabaya
● Jl. Tidar nomor 1, Surabaya
● Jl. Dharmahusada nomor 160B, Gubeng, Surabaya
● Jl. Frontage Ahmad Yani, Siwalankerto, Surabaya

 

Sky 36 Restaurant

Jl. Sumatera Nomor 36, Surabaya.

Nah, kalau ingin suasana makan malam yang romantis bersama pasangan, Restoran Sky 360 Surabaya bisa jadi pilihan menarik. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan lokasi makan malam dengan pemandangan Kota Surabaya dari ketinggian 50 meter dari atas tanah.

Tempat makan yang ada di restoran ini sengaja didesain berada di area rooftop yang memungkinkan para tamu menyaksikan pemandangan di luar secara langsung.

Mengenai pilihan menu yang ditawarkan, mayoritas adalah makanan western, mulai dari makanan pembuka, menu utama, sampai dessert. Perlu diketahui, tempat ini buka mulai pukul 16.00 WIB sampai 21.30 WIB. Jadi, selain bisa berkunjung ke sini pada malam hari, Anda juga bisa mengajak pasangan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang cantik.

 

Carnivor Steak & Grill Surabaya

Jl. Bali Nomor 27, Gubeng, Surabaya.

Untuk para pencinta kuliner steak dan olahan daging di Surabaya, Restoran Carnivor Steak and Grill punya solusi yang menarik. Apalagi, restoran ini memiliki bangunan yang berukuran luas, sehingga cocok dijadikan tempat bersantap bersama rombongan keluarga.

Anda pun bisa memilih tempat makan di dalam ruangan, atau bisa pula di area taman yang penuh dengan tumbuhan hijau.

Pilihan menu yang bisa Anda dapatkan di tempat ini tidak sekadar daging steak. Ada pula menu pizza yang tidak kalah lezatnya. Hanya saja, perlu diketahui, tidak semua daging yang ada di tempat ini merupakan daging sapi.

Pihak restoran juga menyajikan menu dengan bahan utama daging babi. Jadi, tidak ada salahnya untuk bertanya lebih lanjut, khususnya bagi pencinta kuliner yang beragama Islam.

 

Alhamra

Jl. Jaksa Agung Suprapto Nomor 19, Ketabang, Genteng, Surabaya.

Kesan mewah akan sangat terasa ketika memasuki restoran khas Timur Tengah ini. Bahkan, ruang tunggunya juga nyaman, dilengkapi dengan sofa serta bantal yang empuk. Selanjutnya, Anda bisa memilih untuk menyantap makanan di meja makan, atau bisa pula di area lesehan.

Menu yang disajikan di tempat tersebut tentu saja adalah menu khas Timur Tengah. Kalau Anda merasa kesulitan dalam memilih makanan yang ingin disantap, jangan ragu- ragu untuk meminta penjelasan dari pelayan restoran. Tempat ini terkenal memiliki pelayanan yang sangat ramah.

Pilihan menu yang mereka sajikan cukup beragam. Mayoritas merupakan makanan yang berbahan daging kambing. Namun, Anda juga bisa menemukan menu dengan bahan utama daging sapi serta ayam. Sebagai rekomendasi, lamb mandee menjadi menu favorit. Konon, hidangan ini adalah makanan favorit para raja-raja Arab.

 

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Jl. Walikota Mustajab Nomor 36, Surabaya.

 

Berada tidak jauh dari Kantor Walikota Surabaya, Anda akan mendapati salah satu kuliner legendaris di Kota Pahlawan. Namanya adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih.

Di tempat ini, Anda bisa mencicipi sate daging dengan campuran parutan kelapa yang telah ada sejak tahun 1945. Menariknya lagi, cita rasa sate di tempat ini tidak mengalami perubahan.

Sate yang disajikan di sini memang spesial. Setiap daging sapi atau daging ayam yang digunakan untuk sate, akan ditaburi dengan kelapa parut ketika proses pembakaran.

Tidak hanya itu, setelah matang, sate itu juga akan ditaburi dengan serundeng kelapa. Hasilnya, sate terasa gurih dan menggugah selera. Pilihan menu sate yang bisa didapatkan di tempat ini tidak hanya sate ayam dan sate daging.

Anda juga bisa menemukan menu sate usus, sate udang, dan sate sumsum. Oh iya, sebagai tambahan, Anda perlu cermat saat ingin menyantap kuliner legendaris tersebut. Alasannya, karena tak jauh dari kedai Sate Klopo Ondomohen Bu Asih, ada warung sate yang menggunakan nama hampir mirip. Kalau tidak awas, bisa jadi Anda masuk ke bangunan yang salah.

 

Food Coma

Jl. Ngagel Jaya Utara Nomor 46, Surabaya.

Suasana kafe yang ceria akan Anda dapati ketika pertama kali menjejakkan kaki ke dalam bangunan Food Coma Surabaya. Tempat ini mengusung tema ala kafetaria dengan suasana ceria khas anak muda. Dengan desain interiornya yang warna-warni, para pengunjung pun berkesempatan untuk berpose cantik yang kemudian bisa dipajang di Instagram.

Karena hadir dengan tema kafetaria, Anda bisa menemukan beragam menu makanan unik dan kekinian dari berbagai tenant di Food Coma Surabaya. Kalau ingin smoothie yang segar, bisa mendapatkannya di Pupu Bowls. Sementara itu, tenant Sedia menyajikan cireng kekinian dengan taburan keju mozarella yang menggugah selera.

Tidak ketinggalan, ada pula makanan tradisional berupa rujak cingur yang disediakan
oleh Rujakoe.

 

Cocari

Jl. Pajajaran Nomor 11, Surabaya.

Ingin makan sampai kenyang biar tidak rugi datang jauh-jauh ke Surabaya? Pilihannya adalah datang ke restoran all you can eat. Salah satu opsi restoran all you can eat yang terkenal di Surabaya adalah Cocari. Di sini, Anda bisa menjumpai menu yang beragam,
dan harganya juga murah.

Kalau ingin mencicipi shabu-shabu di sini, pilihan bahan yang bisa dimasak beragam. Tersedia menu daging sapi, makanan laut, serta beragam jenis sayur. Menariknya lagi, tempat memasak shabu-shabu yang disediakan oleh pihak Cocari, menggunakan arang. Jadi, masakan yang dihasilkan lebih lezat.

Selain itu, tersedia pula beragam menu khas Jepang lain yang dapat disantap di sini. Menu itu antara lain adalah sushi, chicken katsu, takoyaki, teriyaki, dan lain-lain. Semua menu itu bisa Anda nikmati sepuasnya dengan durasi selama 2 jam. Dijamin kenyang, deh!

 

Mee and Me

Jl. Darmo Permai Utara I Nomor 2, Suko Manunggal, Surabaya.

Mi ayam atau yamin tentu sudah jadi pilihan menu mi yang biasa. Namun, pernahkah Anda mencoba mencicipi mi khas Malaysia? Kalau belum, coba saja datang ke Me and Mee Surabaya. Di tempat ini, Anda akan mendapati menu mi khas dari Negeri Jiran tersebut.

Pilihan menu mi khas Malaysia yang bisa ditemukan di tempat ini juga beragam. Anda bisa memilih menyantap ban mee, tersedia dengan rasa orisinal serta ayam lada hitam.

Ada pula mi laksa yang cara penyajiannya disertai dengan beragam jenis makanan laut. Lalu, mee swa soup ayam yang dilengkapi dengna kuah kaldu ayam.

Kalau enggan menyantap menu mi, tenang. Ada beberapa pilihan makanan enak lain di Me and Mee. Menu-menu tersebut antara lain adalah nasi hainan ayam putih, nasi lemak ayam goreng, young tofu, popiah, dan lain-lain. Menu-menu tersebut memiliki cita rasa mirip kuliner Indonesia. Jadi, Anda tidak akan mengalami permasalahan dengan seleranya.

 

Sea Monsters

Jl. Jawa Nomor 32, Surabaya.

Rekomendasi kuliner Surabaya enak yang terakhir adalah Sea Monsters. Sesuai dengan namanya, restoran yang satu ini menyajikan beragam makanan olahan hasil laut. Namun, hal yang membedakan restoran ini dengan tempat makan yang lain adalah, semuanya disajikan dalam kondisi segar.

Para pengunjung restoran bisa melihat secara langsung keberadaan beragam jenis hewan laut segar yang siap diolah menjadi makanan lezat. Bahkan, Anda juga bisa mendapati beberapa ikan atau kepiting yang masih dalam kondisi hidup.

Hal ini dilakukan oleh pihak restoran untuk memberi jaminan makanan laut yang segar kepada para tamunya.

Menu yang bisa disantap di sini sangat variatif. Anda bisa mencoba untuk makan gurita goreng atau gurita rebus yang dilengkapi dengan saus ala thailand. Ada pula menu dengan bahan utama ikan pari, disajikan dengan bumbu rica-rica, asam manis, atau saus gulai.

Tidak ketinggalan, menu lain seperti kepiting, udang, kerang, serta oyster bisa dijumpai di sini.

Itulah 13 rekomendasi tempat makan dengan sajian yang lezat serta kafe kekinian yang bisa Anda jadikan target wisata kuliner di Kota Pahlawan.

Selain 13 tempat kuliner enak tersebut, Anda juga bisa menjumpai pilihan tempat makan lezat dan kekinian lainnya di Surabaya.

Untuk membantu Anda dalam menemukan lokasi tempat makan yang enak, ada aplikasi Traveloka Eats yang tersedia di smartphone.

Aplikasi ini menyediakan informasi tempat kuliner terkemuka, tidak hanya di Surabaya, tetapi juga di berbagai kota lainnya di Indonesia. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memperoleh informasi promo serta voucher menarik di Traveloka Eats.(*)