Ada Hadiah Uang, Berhenti Merokok Jadi Lebih Mudah

  • 31 Oktober 2017 | 12:26:20
  • 225 Kali Dilihat
Ada Hadiah Uang, Berhenti Merokok Jadi Lebih Mudah

Beritaenam.com, Jakarta, Sebuah studi dari Amerika Serikat menyebut hadiah uang bisa mengalahkan kecanduan nikotin yang dialami perokok. Dengan iming-iming hadiah uang, terbukti perokok bisa berhenti merokok minimal selama satu tahun.

Peneliti dari Boston Medical Center melakukan program yang memberi hadiah uang sebesar $250 (sekitar Rp3,4 juta) kepada perokok yang berhasil berhenti merokok selama 6 bulan. Hadiah uang akan ditambah $500 (sekitar Rp6,8 juta) jika partisipan berhasil berhenti merokok selama satu tahun.

Dengan begitu, total uang yang diterima partisipan ketika berhenti merokok selama satu tahun sekitar Rp10 juta. Peneliti juga memberi insentif $250 kepada partisipan yang gagal berhenti di periode 6 bulan pertama namun berhasil di periode 6 bulan kedua.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi untuk berhenti merokok bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari pendekatan personal hingga jika ada, insentif uang," ungkap peneliti Karen E. Lasser, MD, MPH, yang juga aktif di Boston University School of Medicine, dikutip dari EurekAlert!

Hasil penelitian menyebut 10 persen partisipan berhasil berhenti merokok selama 6 bulan. Jauh lebih besar dibandingkan kelompok kontrol, di mana yang berhasil berhenti hanya kurang dari 1 persen.

Pada jangka waktu satu tahun, 12 persen partisipan berhasil berhenti merokok, dengan hanya 2 persen dari kelompok kontrol yang berhasil. Untuk membuktikan partisipan benar-benar berhasil berhenti merokok, peneliti melakukan tes dengan mengambil sampel air liur dan urine secara berkala.

"Sebagian besar partisipan yang berhasil berhenti juga mendapat dukungan dari orang-orang di sekitar," tuturnya.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal JAMA Internal Medicine.

 

 



Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com