Bagi Warga Miskin di India, Operasi Plastik Digratiskan

  • lae
  • 25 Februari 2018 | 07:13:03
  • 78 Kali Dilihat
Bagi Warga Miskin di India, Operasi Plastik Digratiskan
Ilustrasi

Beritaenam.com - Operasi plastik dan bedah kecantikan termasuk prosedur berbiaya mahal yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang mampu. Tapi kini di India, operasi plastik, termasuk implan payudara, dipertimbangkan dapat digratiskan bagi warga tak mampu.

Wacana ini disampaikan Menteri Kesehatan Tamil Nadu, C Vijaya Baskar.

"Kenapa perawatan kecantikan tidak tersedia bagi warga miskin?" kata Baskar awal pekan ini di ibu kota negara bagian Chennai, seperti dikutip Times of India.

"Jika pemerintah tidak dapat menyediakan (secara gratis), maka mereka akan memilih prosedur ilegal yang berbahaya, atau berhutang," tambahnya.

Menurut Dr VRamadevi, kepala bedah plastik dari Rumah Sakit dan Pendidikan Tinggi Medis Stanley, semakin banyak perempuan yang mengajukan operasi payudara dalam beberapa bulan terakhir.

Beberapa dari mereka merupakan pasien kanker maupun pemilik ukuran payudara besar yang menghendaki operasi dengan alasan kesehatan.

Sementara, perempuan lainnya datang dengan harapan dapat memperbaiki bentuk tubuhnya untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Wacana yang disampaikan Menteri Baskar ini sebenarnya hanyalah pengembangan dari kebijakan yang sudah ada bagi pasien kanker payudara yang dibebaskan dari biaya untuk mendapatkan operasi rekonstruksi.

Selain operasi plastik dan kecantikan bebas biaya, program tersebut juga akan menggratiskan operasi bibir sumbing gratis untuk anak-anak, hingga transplantasi tangan dan prosedur lainnya.

Rencana pemerintah daerah ini ditanggapi beragam oleh masyarakat India. Banyak yang menyesalkan karena pemerintah justru memilih fokus pada pelayanan operasi plastik dibanding fasilitas kesehatan lainnya.

 

.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com