Bos IMF: Skor Ekonomi Indonesia Luar Biasa, Kemiskinan Turun & Inflasi Terjaga

29
Direktur Pelaksana International Monetery Fund (IMF), Christine Lagarde.

Beritaenam.com, Bali – Direktur Pelaksana International Monetery Fund (IMF), Christine Lagarde mengapresiasi peningkatan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Dalam pandangan dia, Indonesia dapat menjaga ketahanan ekonomi di tengah ancaman perekonomian global.

“Untuk Indonesia, ada peningkatan signifikan, dan skor untuk Indonesia, excellent (luar biasa),” kata dia dalam Konferensi Pers, di Bali International Convention Center BICC, Kamis (11/10).

Menurut dia, beberapa indikator perekonomian Indonesia menunjukkan kinerja positif. Misalnya, pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) hingga dua kali lipat, turunnya angka kemiskinan, serta inflasi yang terkontrol.

“Anda lihat PDB naik lebih dari dua kali lipat, kemiskinan turun, inflasi terkontrol. Nilai tukar yang terdepresiasi begitu juga mata uang lainnya, Australia, Selandia Baru dengan kisaran serupa,” jelas dia.

Prestasi Indonesia yang lain adalah solidnya sektor perbankan dan porsi utang terhadap PDB yang masih terjaga.

“Ini adalah track record yang sangat baim. Ada apresiasi dari kebijakan dan kedisiplinan yang baik dan keinginan untuk mendorong ekonomi,” tandasnya.