Cita Rasa Maknyus Gultik alias Gulai Tikungan...

  • lae
  • 21 November 2017 | 07:47:00
  • 112 Kali Dilihat
Cita Rasa Maknyus Gultik alias Gulai Tikungan...
"Gultik" alias Gulai Tikungan Pak Mulyono di daerah Bulungan, Jakarta Selatan.(foto:be)

Beritaenam.com, Jakarta - Kota Jakarta, tidak pernah berhenti dengan hirukpikuk warganya yang berasal dari seluruh Nusantara untuk mencari kehidupan yang layak. Pun begitu dengan para pedagang kuliner, yang menjajakan dagangannya di sudut-sudut kota Jakarta.

Seperti di daerah Bulungan belakang Blok M Plaza, Jakarta Selatan ini. Kita akan menemukan makanan spesial yang namanya “Gultik” alias Gulai Tikungan Pak Mulyono.

Saat melewati daerah tersebut, saya mampir dan mencoba menikmati sepiring gulai sapi olahan Pak Mulyono. Rasa nggak berubah. Harganya tetap murah meriah, Rp 10.000/porsi. Ditambah minum jadi Rp 15.000.

Sebenarnya saya sudah puluhan tahun jadi pelanggan “Gultik” alias Gulai Tikungan Pak Mulyono ini.

Pak Mulyono yang asal Sukoharjo, Jawa Tengah ini sudah jualan di tempat itu sejak 10 tahun yang lalu. Berdagang secara turun temurun dan meneruskan usaha ayahnya, alm. Pak Suparmo.

Deretan penjual "Gultik" alias Gulai Tikungan ini adalah rata-rata kerabat dekat, dari Sukoharjo yang sudah lama merantau di Jakarta dan tinggalnya satu deret di Kampung Dukuh, seberang Gandaria City, kurang lebih 4 km dari tempat jualan saat ini.

 

 

Mereka ini punya lapak masing-masing, soal rasa sama dan seragam. Tapi sebenarnya beda masakannya.

Pak Mulyono meneruskan usaha bapaknya, yang waktu itu masih dijual Rp 2000/porsi. 

Ciri khas "Gultik" alias Gulai Tikungan, disajikan campur nasi dan gulai, ditambah kerupuk. Nasinya cuma sedikit. Makanya buat yang lapar tidak cukup seporsi.

Pak Mulyono jualan di trotoar Blok M, mulai dari pukul 18.00 wib hingga pagi jam 5.00 wib. Tiap hari dia jualan di tempat ini. Tapi kadang terima panggilan borongan.

Dia menyebutkan bos Alexis sering mengundang dirinya berikut gerobak jualannya diboyong ke Alexis, rutin sebulan sekali jualan di Ball Room. Itu sebelum tempat itu di tutup.

Yang ingin memborong "Gultik" alias Gulai Tikungan, dia siap melayani acara pesta ataupun event khusus, diantar sampai tempat, lengkap dengan gerobak ciri khasnya.(agi)

 

.

 

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com