Dituduh Terlibat Kudeta, 3 Jurnalis di Turki Dihukum Seumur Hidup

  • lae
  • 17 Februari 2018 | 12:01:44
  • 92 Kali Dilihat
Dituduh Terlibat Kudeta, 3 Jurnalis di Turki Dihukum Seumur Hidup
Tiga jurnalis yang dihukum.

Beritaenam.com - Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman pada enam jurnalis dan media profesional lainnya, Jumat (15/2). Enam jurnalis tersebut dituduh ikut serta dalam usaha kudeta gagal pada Juli 2016, yang diduga digerakkan oleh Fethullah Gulen.

Tiga di antaranya mendapat hukuman penjara seumur hidup, karena dituduh menyebarkan informasi tentang usaha kudeta sebelum kudeta gagal itu terjadi. Mereka adalah Ahmet Altan, Mehmet Altan dan Nazli Ilicak.

Lalu tiga wartawan lainnya, bernama Fevzi Yazc, Yakup imek dan kr Turul zenglm dituduh berusaha mengganggu sistem konstitusional. Mereka bekerja di surat kabar Gulen-linked dan sebuah stasiun televisi.

"Ini adalah hari yang kelam untuk kebebasan pers dan untuk keadilan di Turki, dan memberikan wejangan yang mengerikan bagi sejumlah jurnalis lainnya yang menghadapi pengadilan atas tuduhan yang serupa dengan terorisme," kata Direktur Eropa untuk Amnesti Internasional, Gauri van Gulik, seperti dilansir dari CNN.

Pada hari yang sama, pengadilan yang berbeda di Istanbul membebaskan koresponden dari surat kabar Die Welt Jerman, Deniz Yucel.

Dia dituduh menyebarkan propaganda untuk Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK. Turki menyebut mereka teroris. Dia juga dituduh menghasut kekerasan untuk mendukung gerakan Gulen.

Yucel ditahan pada 14 Februari tahun lalu. Dia juga terus membantah tuduhan tersebut. Kasusnya menjadi penyebab gesekan serius antara Berlin dan Ankara.

 

.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com