Dua Botol Wiski Ini Laku Terjual hingga Rp 29,8 Miliar

  • lae
  • 20 Mei 2018 | 07:41:42
  • 146 Kali Dilihat
Dua Botol Wiski Ini Laku Terjual hingga Rp 29,8 Miliar
Petugas rumah lelang Bonhams menunjukkan dua buah botol wiski berusia 60 tahun yang terjual Rp 29,8 miliar, Jumat (18/5/2018) malam.

Beritaenam.com - Sebuah rumah lelang di Hong Kong telah berhasil melelang dua botol wiski dengan harga 16,6 juta dollar Hong Kong (sekitar Rp 29,8 miliar). Capaian tersebut diklaim telah membuat rekor baru untuk lelang wiski.

Kedua botol wiski tersebut adalah produksi Macallan, sebuah tempat penyulingan wiski di Craigellachie, Moray.

Dalam proses pelelangan yang dilangsungkan pada Jumat (18/5/2018) malam tersebut, untuk pertama kalinya kedua botol wiski langka itu diperlihatkan pada publik setelah 30 tahun lalu.

Salah satu botol wiski yang diberi nama sesuai dengan seniman Italia, Valerio Adami, telah berhasil terjual dengan harga 8,64 juta dollar Hong Kong pada salah seorang pembeli yang hadir saat pelelangan.

Sedangkan satu botol yang lain, diberi nama seniman pop Inggris, Peter Blake, telah terjual seharga 7,96 juta dollar Hong Kong oleh pembeli melalui telepon.

Kedua pemenang pelelangan tersebut meminta kepada pihak rumah lelang Bohmans untuk dirahasiakan identitasnya.

Awalnya masing-masing botol wiski diperkirakan dapat terjual seharga 3,6 juta dan 4,5 juta dollar Hong Kong.

Menurut pihak rumah lelang, kedua botol wiski tersebut disuling pada 1926 dan disimpan dalam tong berbahan kayu sherry selama 60 tahun sebelum kemudian dikemas ke dalam botol pada 1986.

Selain isi wiski di dalam botol, kesan antik yang memiliki nilai tersendiri yakni label yang terpasang pada botol.

 

Melansir dari SCMP, salah satu label botol didesain oleh Blake, seorang seniman lukis yang dikenal membantu dalam pembuatan cover album The Beatles yang berjudul Sergeant Pepper's Lonely Hearts Club Band.

Sedangkan label lainnya merupakan karya Adami. Masing-masing botol diyakini hanya diproduksi secara terbatas sebanyak 12 botol.

"Botol-botol ini merupakan salah satu wiski tertua karya Macallan pada abar ke-20," kata Kepala Rumah Lelang Bonhams untuk anggur dan wiski, Daniel Lam On-tai.

"Setahu kami botol-botol wiski tersebut dibuat memang tidak ditujukan untuk dijual, melainkan diberikan sebagai hadiah bagi klien penting Macallan," tambahnya.

Dalam pelelang pada Jumat kemarin, rumah lelang Bonhams tercatat telah mengumpulkan total 46,62 juta dollar Hong Kong (sekitar Rp 84 miliar) untuk 645 barang lelang.

Sumber: kompas.com

 

.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com