Era Mobil Bisa Baca Emosi Manusia Makin Dekat

  • Agus Blues
  • 11 Mei 2017 | 20:35:29
  • 299 Kali Dilihat
Era Mobil Bisa Baca Emosi Manusia Makin Dekat

Beritaenam.com - Era mobil yang bisa membaca emosi dan ekspresi manusia, sebagai salah satu mobil masa depan,  semakin dekat. Makin banyak pabrikan otomotif atau perusahaan teknologi yang berhasil mengembangkan sistem canggih agar mobil bisa melakukan itu.

Terakhir, sebuah perusahaan teknologi bernama Affectiva, seperti dilaporkan Carscoops, Kamis (11/5/2017), telah mengembangkan peranti lunak canggih yang bisa mendeteksi mimik wajah.

Product Manager Affectiva Abdelrahman Mahmoud membeberkan bahwa saat ini mereka bahu-membahu dengan beberapa pabrikan Jepang dan Jerman untuk terus menyempurnakan peranti lunak itu. Akan tetapi, tidak disebutkan secara spesifik siapa-siapa saja pabrikan tersebut.

Ia juga mengungkapkan bahwa prototipe mobil dengan teknologi tersebut ditargetkan sudah siap pada 2018 untuk dites.

Mahmoud memaparkan, sistem pembaca emosi dan ekspresi manusia ini bisa berguna untuk beberapa hal. Pertama, sistem ini dapat mendeteksi kemarahan atau rasa frustrasi pengemudi, kemudian memerintahkan berbagai sistem lain di kendaraan untuk membuat suasana yang menenangkan perasaan.

Teknologi pembaca emosi tersebut juga dapat dipakai menyokong fitur swakemudi. Contohnya, jika sistem mendeteksi pengemudi ragu atau khawatir, ia akan berkoordinasi dengan sisten navigasi untuk menunjukkan rute jalan dan lokasi akhir yang dituju.

Sistem juga bisa memperingatkan pengemudi jika ia terdeteksi terlalu acuh dengan lalu lintas serta kondisi jalan.

Peranti lunak pembaca emosi yang dikembangkan Affectiva sejauh ini mengandalkan kamera depan milik ponsel pintar. Peranti tersebut telah dibekali pengetahuan tentang 33 titik wajah, lebih dari 5 juta mimik muka, dan bisa mengetahui tujuh macam emosi seperti terkejut, senang, takut, marah.

Salah satu pabrikan yang secara terbuka mengumumkan sedang mengembangkan teknologi pembaca emosi seperti Affectiva ialah Ford.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com