Hati-Hati!! Gila Kerja Pertanda Kelainan Jiwa

  • Fhey Marshall
  • 11 September 2017 | 20:19:32
  • 75 Kali Dilihat
Hati-Hati!! Gila Kerja Pertanda Kelainan Jiwa

Beritaenam.com, Jakarta - Meski sadar kegilaan mereka pada pekerjaan bisa membahayakan jiwa, para workaholic atau penggila kerja sulit melepaskan diri dari kegilaan tersebut. Gila kerja merupakan gangguan psikologis yang membuat orang kecanduan, ketergantungan, dan terobsesi.

Jasmine Sliger, psikolog lintas budaya dan organisasi dari perusahaan konsultan JAS International Communications di Australia, mengatakan, “Tidak perlu dipertanyakan lagi, para penggila kerja pasti berisiko mengalami gangguan kesehatan mental, termasuk depresi.”

Hampir semua pasien Sliger yang masuk dalam kategori penggila kerja menunjukkan gejala kecemasan berlebih, depresi, dan obsesif. Pernyataan Sliger seiring dengan hasil survei terhadap lebih dari 16 ribu orang pekerja di Norwegia. 

Pekerja yang masuk dalam kategori gila kerja menunjukkan gejala ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) atau perilaku hiperaktif, OCD atau gangguan obsesif-kompulsif, kecemasan, dan depresi.

“Para workaholic mendapat nilai yang tinggi di semua gejala psikologis itu dibanding non-workaholic,” kata Cecilie Schou Andreassen, peneliti dari Departemen Ilmu Psikososial di Universitas Bergen, Norwegia.

Sebanyak 32,7 persen penggila kerja menunjukkan gejala hiperaktif, 33,8 persen mengalami kecemasan berlebih, dan 25 persen mengalami gejala OCD.

“Karena itu, bekerja hingga pada tahap ekstrem mungkin merupakan pertanda adanya masalah psikologis dan emosional,” kata Andreassen. “Namun apakah gangguan psikologis ini yang menyebabkan seseorang menjadi gila kerja atau sebaliknya, belum diketahui pasti.”

 

 

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com