Ini Daftar Sayuran dan Buah yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

  • lae
  • 27 Januari 2018 | 09:15:45
  • 55 Kali Dilihat
Ini Daftar Sayuran dan Buah yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah
Sayur bayam.

Beritaenam.com - Sebagian orang meyakini bahwa sayuran lebih baik dimakan mentah ketimbang dimasak. Sebab, kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah dan sayuran mentah tersebut dianggap masih utuh.

Tapi rupanya, ada beberapa sayuran dan buah yang tak boleh dimakan mentah dan mesti dimasak terlebih dahulu. Seperti dilansir dari Times of India, berikut daftar sayuran atau buah yang tak boleh dimakan mentah.

1. Tomat

Tomat yang dimasak akan meningkatkan jumlah likopen dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Tomat yang terpapar panas membantu penyerapan likopen lebih baik di dalam tubuh.

2. Kentang

Pastikan Anda memasak kentang hingga benar-benar matang dan empuk. Hal ini karena, kentang mentah mengandung senyawa solanine yang bisa menyebabkan sakit perut bahkan membuat Anda keracunan.

3. Wortel

Wortel yang sudah dimasak mengandung antioksidan 34 persen lebih banyak ketimbang yang masih mentah. Selain itu, kandungan falkarinol, komponen dengan bahan antikanker, lebih banyak.

4. Brokoli

Banyak teori yang mengatakan brokoli sulit dicerna jika dimakan mentah. Oleh karena itu, mengukus atau menumis brokoli adalah pilihan yang baik jika menginginkan nutrisinya.

5. Kembang kol

Sama seperti brokoli, makan kembang kol mentah tidak baik untuk pencernaan. Mengukus atau menumis kembang kol adalah pilihan yang lebih baik jika ingin mendapatkan manfaat nutrisinya.

6. Bayam

Masak dulu sebelum disantap. Sebab bayam yang sudah melalui proses masak memiliki lebih banyak kalsium, zat besi, dan magnesium. Selain itu bayam yang dimasak juga bisa meningkatkan kandungan antioksidannya.

 

.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com