Ini Tips Untuk Para Pencipta Lagu

  • lae
  • 15 Desember 2016 | 13:14:17
  • 2485 Kali Dilihat
Ini Tips Untuk Para Pencipta Lagu

Tiap hari saya selalu dapat kiriman demo lagu. Jumlahnya bisa puluhan. Saya hargai jerih payah teman-teman pencipta lagu yg sudah ngirim ke saya sampel demo maupun yg sudah jadi master.

Saya menghargai mereka. Para pencipta lagu adalah sebuah aset bangsa. Mereka adalah pelaku bisnis kreatif. Mereka juga bekerja.

Banyak orang menggantungkan hidupnya dari dunia musik. Mereka juga pingin lagunya dikenal, jadi booming, dan yang lebih penting punya nilai ekonomi.

Dalam era digital, bisnis musik mengharapkan satu-satunya dari rbt. Bahwa sekarang mulai di collect dari rumah karaoke, menjadi peluang pendapatan baru dari mata rantai bisnis musik.

Musik adalah sebuah aset. Banyak orang berlomba lomba bikin lagu, karena banyak contoh seorang pencipta ketika karya ciptaannya booming, selesai urusan ekonominya.

Royalti akan terus mengalir, biarpun hanya satu lagu yang nge hits. Sebagai ilustrasi, beberapa pencipta lagu bisa terima royalti bulanan seperti terima gajian.

Tapi untuk membuat lagu menjadi hits. Tidak mudah. Ada rumus-rumusnya, dan biasanya yg punya feeling bisnis, karena memang butuh pengalaman dan diasah melalui proses yang panjang.

Lagu yang enak di dengar memang banyak. Tapi yang unik dan uptodate itu juga faktor penting.

Dalam proses seleksi, kadang saya butuh waktu menyendiri. Karena ketika menentukan pilihan, saya ngga mau gagal.

Saya bukan tipikal pelaku bisnis musik yang suka gambling. Saya cermati betul, karena dalam sebuah keputusan akan menentukan sebuah masa depan banyak orang.

Makanya kalau ada yang kirim lagu belum sempat saya respon. Ada dua kemungkinan, mungkin saya belum sempat seleksi, atau memang kurang masuk kriteria.

Biasanya buat pencipta pemula saya selalu kasih masukan dan saran-saran yang konstruktif. Se mata-mata biar mereka memahami nilai dari karya nya.

Karena musik adalah karya personal. Tapi musik juga memiliki efek mainstream.

Terserah pilihan ada di kalian para kreator. Mau bikin lagu suka-suka dan nggak perduli orang lain bisa menikmati, atau sebaliknya.

Bikin lagu dengan harapan orang suka terhadap karya itu.

Saya berharap yg terakhir. Karena hidup bukan hanya mimpi. Hidup harus menginjak ke bumi.

Dan banyak pencipta lagu yang kirim sampel ke saya, mengharapkan bisa diproduksi, dan nge hits.

 

 

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com