Italia Diklaim Rugi Hampir Rp 16 T Setelah Gagal ke Piala Dunia

  • lae
  • 15 November 2017 | 15:25:43
  • 48 Kali Dilihat
Italia Diklaim Rugi Hampir Rp 16 T Setelah Gagal ke Piala Dunia
Timnas Italia gagal ke Piala Dunia 2018.

Beritaenam.com, Roma - Kegagalan tampil di Piala Dunia 2018 membuat Italia disebut-sebut rugi besar. Totalnya diklaim nyaris mencapai satum iliar euro atau sekitar Rp 16 triliun.

Italia gagal tampil di Rusia usai kalah dari Swedia di playoff Piala Dunia. Menyerah 0-1 di leg pertama, Gli Azzurri ditahan 0-0 di leg kedua, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Italia untuk pertama kalinya gagal ke Piala Dunia dalam kurun waktu 60 tahun terakhir.

Tak cuma rugi secara moril karena gagal ikut serta bersama tim-tim terbaik dunia, Italia juga rugi secara materiil mengingat mereka gagal mendapat pemasukan dalam jumlah besar.

Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC) di era 2001-2006, Franco Carraro, mengklaim, Italia berpotensi merugi hingg satu miliar euro atau sekitar RP 16 T.

Kerugian sebesar itu dinilai bukan cuma dari pendapatan iklan yang bakal menurun, tapi juga soal hak siar serta merchandise.

"Bahkan bisa lebih besar, termasuk karena melewatkan penjualan paket perjalanan ke Rusia oleh agen travel, ditambah perputaran perusahaan judi serta bar dan restoran di seluruh negara selama pertandingan," ucap Carraro kepada WA Today berdasarkan laporan Bloomberg.

Dengan Piala Dunia digelar bulan Juni hingga Juli, maka Italia baru bisa menjalani laga kompetitif sekitar bulan September saat Kualifikasi Piala Eropa 2020 dimulai. Hal itu yang membuat pemasukan iklan dan hak siar pertandingan Italia bakal terpangkas.

Selain itu, kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 memberi dampak signifikan pada penyokong seragam, Puma. Bahkan saham produk apparel asal Jerman itu itu langsung turun per Selasa.

Chen Grazutis, analis dari Bloomberg mengklaim, Puma ditaksir mengalami kerugian mencapai 1,5 juta dolar dari kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018.

"Dengan harga rata-rata jerseynya mencapai 80 dolar sampai 90 dolar, kerugian penjualan ini bisa mencapai 140 juta dolar," Grazutis menegaskan.

 

.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com