Landasan Pacu Bandara Gibraltar Yang Membelah Jalan Raya

  • 14 September 2017 | 10:08:43
  • 218 Kali Dilihat
Landasan Pacu Bandara Gibraltar Yang Membelah Jalan Raya

Beritaenam.com, Gibraltar - Kalau kamu melancong ke Gibraltar, jangan kaget kalau pesawatnya mendarat di jalan raya. Ya, jalan raya itu yang jadi landasan Bandara Internasional Gibraltar.

Gibraltar adalah sebuah negara kecil yang terletak di ujung Semenanjung Iberia. Wilayah ini masuk ke dalam kekuasaan Kerajaan Inggris. Statusnya sendiri sebagai British Overseas Territory alias wilayah kekuasaan Inggris yang berada di luar Inggris.



Yang unik dari negara ini adalah soal bandaranya. Karena mayoritas wilayahnya adalah pesisir pantai, Bandara Internasional Gibraltar mau tidak mau juga letaknya tak jauh-jauh dari pantai.

Dihimpun  dari berbagai sumber, Kamis (14/9/2017), lihatlah bentuk Bandara Internasional Gibraltar di Google Maps ini. Berada di pesisir pantai, dengan bentuk landasan pacu menjorok ke lautan.

Nah, landasan pacu yang digunakan pesawat untuk take off dan landing itulah yang membuat bandara ini sangat unik. Landasan sepanjang 1,8 Km ini berpotongan dengan sebuah jalan raya.

Jalan raya tersebut bernama Winston Churchill Avenue. Jalan 4 lajur ini menjadi salah satu jalan raya yang tersibuk di Gibraltar. Setiap harinya, jalan raya ini dilewati ribuan buah mobil.

Namun padatnya arus kendaraan yang lewat di Winston Churchill Avenue akan terhenti dengan seketika, saat pesawat akan mendarat atau lepas landas. Jalanan ini akan ditutup total di kedua arah, sesaat pesawat sudah akan mendarat atau terbang.

Jadi, jangan coba-coba untuk melanggar rambu lampu merah yang ada di jalan raya itu, kalau tidak mau terlibat masalah yang serius. Pelanggaran lalu lintas di jalanan ini bisa berakibat sangat fatal.



Meski terlihat sangat riskan dan berbahaya, tetapi momen mendaratnya pesawat di Bandara Internasional Gibraltar justru jadi buruan wisatawan. Dengan sabar dan penasaran, para turis menunggu sambil memegang kamera.

Rata-rata mereka penasaran, bagaimana bisa pesawat mendarat di landasan yang juga berfungsi sebagai jalan raya. Momen peswat lepas landas dan mendarat di Gibraltar jadi momen berharga yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Meski lalu lintas kerap terganggu dengan datang dan perginya pesawat, namun masyarakat setempat tidak ada yang benar-benar terganggu dan protes. Itu juga karena Bandara Gibraltar rata-rata hanya kedatangan 30 pesawat seminggu. Itu berarti hanya ada 5 penerbangan yang datang dan pergi setiap hari.

Penasaran dengan bandara ini? Kamu harus datang langsung ke Gibraltar, dan lihat sendiri datangnya pesawat yang melintas di jalan raya. Pemandangan yang sudah biasa dilihat warga lokal Gibraltar.

 

 

 

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com