Lima Panganan Wajib Terhidang Saat Perayaan Natal

  • lae
  • 24 Desember 2016 | 18:09:05
  • 636 Kali Dilihat
Lima Panganan Wajib Terhidang Saat Perayaan Natal
Cake buah

Beritaenam.com, Jakarta - Ada dua momen spesial yang hadir pada Desember ini, yakni Natal dan Tahun Baru. Tentunya, momen spesial tak lepas dengan makanan khas yang umum disajikan sebagai pendamping saat berkumpul bersama keluarga.

Menyoal soal hidangan khas Natal, ada beberapa panganan dari berbagai belahan dunia yang selalu tersaji. Berikut adalah beberapa diantaranya, seperti dilansir laman TimesofIndia.

1. Permen tongkat

Ya, menurut legenda, permen tongkat pertama kali disajikan saat perayaan Natal pada 1670 di Jerman. Usut punya usut, pemimpin Katedral Cologne menugaskan agar bawahannya membagikan permen berbentuk tongkat gembala untuk disajikan kepada anak-anak saat Natal tiba.

Mulanya permen tongkat hanya berwarna putih, hingga pada 1990, ditambahlah garis merah yang identik dengan warna Natal.

2. Daging kalkun panggang

Kalkun panggang biasanya dimakan bersama kentang panggang atau nasi putih. Daging kalkun dengan porsi yang cukup besar dapat dimakan beramai-ramai bersama keluarga.

Hal ini juga bisa menambah kehangatan keluarga saat merayakan Natal dengan sukacita.

Natal yang identik dengan pesta dan kebahagiaan, minuman pendamping yang cocok untuk menyantap daging kalkun adalah wine atau bir.

3. Keju Stilton

Keju yang berwarna kuning kebiruan ini merupakan makanan lezat yang terhidang saat perayaan Natal di Inggris.

Keju yang sudah dibuat sejak 300 tahun yang lalu ini, pertama kali diproduksi pada 1730 dan nama Stilton merujuk pada nama desa di Inggris tempat keju ini pertama kali diproduksi.

Jamur kebiruan yang tumbuh di keju ini memberikan aroma asam khas dan tekstur keju yang creamy. Lezat!

4. Cake Buah

Tampaknya kue satu ini paling sering terhidang saat Natal di berbagai negara. Bahannya yang mudah ditemukan dan filosofi penuh keberuntungan di balik cake buah menjadikannya sebagai menu wajib saat perayaan Natal.

5. Panettone

Panettone adalah makanan khas Natal yang menjadi salah satu maskot bagi kota Milan, Italia. Kue ini berbentuk kubah dengan tinggi sekitar 30 cm yang disajikan saat Natal.

Panettone merupakan fruitcake yang berisi manisan jeruk, kismis, dan manisan lemon.

Kekhasan dari menu yang hanya disajikan saat Natal ini adalah adonannya yang berasal dari dough yang diasamkan.

Tak heran, proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama. Di Italia, panettone biasa disajikan dalam bentuk irisan ditemani dengan crema mascarpone.

Selain itu, panettone sangat pas jika dinikmati sembari menyeruput cokelat panas.(*)

 

 

Tag :

BERITA TERBARU

  • ©2016 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com