Makan Nasi Pulen & Sambel Orek di Warung H Abas

280

Beritaenam.com, Ciamis –┬áMenikmati nasi timbel nan pulen di warung makan H Abas memang butuh perjuangan. Lokasinya benar-benar di tengah sawah, di desa kawali, Ciamis, Jawa Barat. Kurang lebih 5 jam perjalanan dari Jakarta.

Saya berangkat dari jakarta minggu.(8/4) pagi..jam 14.00 wib saya tiba, memenuhi rasa penasaran.

Karena rumah makan sederhana ini benar-benar dikenal dengan nasi timbel dan ikan asin serta sambal orek nya. Rasa penasaran saya terobati, setelah mencoba sendiri dan saya pesen langsung di dapur.

Sempat mengulik keadaan dapur tempat masak makanan sederhana. Nampak bu Abas sedang masak ayam ungkep rica, sambil melayani pembeli. Pak Abas sibuk bersihin puluhan kilo ayam siap di olah.

Menu sederhana, nggak macam-macam. Ayam rica, pepes ikan asin, tongkol asin goreng, bakwan goreng, peles jamur, telor dadar dan aneka sayuran yang sudah di bungkus plastik kecil-kecil. Nggak lupa sambal orek plus pete rebus.


Warung sederhana yang sudah berdiri puluhan tahun dan lokasinya di tengah sawah tiap hari dikunjungi ratusan bahkan ribuan orang.

Apalagi pada jam makan siang, pengunjung sampai meluber cari tempat duduk sampai emperan rumah pak abas yang terletak persis di belakang warung. Ada juga yang makan di pematang sawah.


Kesederhanaan lokasi, menu dan pelayanan ternyata nggak ngaruh pada jumlah pelanggan yang kian hari selalu ramai. Rata-rata mereka tau dari mulut ke mulut, dan itu jadi promosi gratis. Harganya murah meriah, serba seribu rupiah. Makan sepuasnya nggak bikin kantong bolong. Rasa nikmat, harga hemat.

Nggak sia-sia saya datang ke warung H Abas. Pingin ah, suatu saat datang, kangen sama sambal oreknya.