Makyus Makanan Kampung Mataraman, Ternyata Resto Ini Bisa Bikin Kangen Kampung Halaman

  • Agus Blues Asianto
  • 05 Agustus 2017 | 08:02:11
  • 428 Kali Dilihat
Makyus Makanan Kampung Mataraman, Ternyata Resto Ini Bisa Bikin Kangen Kampung Halaman

Beritaenam.com, Yogyakarta – Hingga kini, Yogyakarta masih lekat dengan sebutan ‘Kota Pelajar’. Namun demikian, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki areal seluas 3185,80 km2, juga populis dengan sebutan kota destinasi surganya wisata kuliner. Beragam aneka kuliner hingga yang unik-unik mudah disambanginya. Salah satunya, Kamis (3/8) lalu, saya bersama beberapa teman seperjalanan dari Jakarta, memilih untuk menikmati makan siang di rumah makan yang terbilang unik yang berada di kawasan selatan Yogyakarta ini.

Adalah Kampung Mataraman, nama dari rumah makan dimaksudkan yang berlokasi tepat di Jalan Ringroad Selatan, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rumah makan yang menyediakan beraneka menu makanan rumahan, sebut saja;  sayur lodeh, tumis genjer, mangut lele, wader goreng, dan gereh (ikan asin) dalam cara penyajian pun benar-benar ala kampung. Bahkan saking penasaran, saya menocba untuk mengintip ke dapur, ternyata proses pemasakan juga terbilang sangat tradisional, dimana menggunakan kayu bakar yang berada di bawah tungkunya.

Setidaknya menyimpan kebangaan tersendiri, bisa menikmati makan siang di Kampung Mataraman ini. Sebab menurut pelayan, rumah makannya yang berdiri dengan sekelilingnya persawahan ini, baru beroperasi sekitar sebulan, tercetus atas swadaya masyarakat Desa Panggungharjo yang memanfaatkan sebagian tanah pekarangannya untuk ‘disulap’ menjadi obyek wisata edukasi berbasis Budaya Desa Mataram Yogyakarta.

Demi memenuhi kebutuhan tenaga pekerja dari rumah makan Kampung Mataraman, cukup melinbatkan pelayan dari pemuda dan masyarekat sekitarnya.

Kendati usia beroperasinya rumah makan masih teramat belia, namun Kampung Mataraman sudah nge-hits khususnya di kalangan masyarakat Yogyakarta. Bisa jadi, Kampung Mataraman tak membutuhkan lama untuk menjadi populis, saya melihatnya karena cirri khas kampung, makanan yang disuguhkan sangat enak, juga tak kalah menarik murmer alias murah meriah.

Ketika saya tengah menikmati makan siang, secara kebetulan juga ada acara dinas Kabupaten Bantul yang sengaja memilih menikmati makan di Kampung Mataraman yang menawarkan suasana pedesaan.

Selain aneka makanan khas kampung, juga tersedia jajanan seperti corobikan, kue apem serta turut melengkapi minuman bercirikan khas minuman ala Mataraman, seperti dawet, wedang uwuk, wedang jahe, wedang sereh, kopi gula Jawa dan lainnya.

Bisa menikmati suasana makan ala kampung, wuihh mantab. Makan dengan mata sejauh memadang yang sekelilingnya terhampar persawahan. Pilihannya pengunjung bisa menikmati makan sambil lesehan di atas tikar atau duduk di kursi kayu yang seadanya, sambil ditemani suara kicau burung gelatik. Sementara dari pengeras suara alunan gamelan menentramkan hati. Sedangkan fasilitas lainnya, anak-anak pun dimanjakan dengan permainan ala kampung seperti egrang, panah-panahan, atau main ketapel.

Rumah makan Kampung Mataraman, koq rasanya saya jadi kangen kampung halaman, ya…?

(Agi – Yogyakarta)

Tag :
, , ,
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com