Mantab Jiwa, Film Turah Tembus Piala Oscar 2018

  • 19 September 2017 | 21:03:17
  • 175 Kali Dilihat
Mantab Jiwa, Film Turah Tembus Piala Oscar 2018

Beritaenam.com, Jakarta - Film Turah (2017) menjadi karya sineas Tanah Air yang bakal mewakili Indonesia dalam ajang penghargaan Academy Awards 2018. Film yang dibesut sutradara Wicaksono Wisnu Legowo itu masuk dalam kategori "Best Foreign Language Film".

"Berdasarkan surat keputusan penetapan film Oscar ke 90 The Indonesian Academy Awards Selection Committee, maka komite seleksi menetapkan bahwa film berjudul Turah terpilih sebagai film pilihan komite seleksi untuk penghargaan Oscar 2018 kategori Film Bahasa Asing," ujar Ketua Komite Seleksi Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) Chritine Hakim di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2017).

"Keputusan ini bersifat dan tidak dapat diganggu gugat, Jakarta 19 September 2019. Terima kasih. Sah?" tambah Christine yang dijawab dengan tepuk tangan 13 komite seleksi 2017 yang terdiri dari aktor dan produser film.

Seleksi film Turah ini diambil menurut hasil evaluasi dan penilaian anggota komite seleksi yang dibentuk Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) ditambah pedoman dari panitia penyelenggara Academy Awards serta syarat dan ketentuan dari pihak Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS).

Turah sudah dinyatakan lolos dari 130 judul film Indonesia yang tayang terhitung sejak akhir tahun lalu. Sayang, Christine tak merinci judul film lain yang sempat masuk dalam seleksi.Hal ini dilakukan agar tak muncul salah persepsi di masyarakat.

"Kami memilih apa yang kira-kira akan sesuai untuk Oscar," ucap Christine.

"Dalam hal ini kami tidak bicara lebih baik atau lebih buruk. Kami sepakat tidak menyampaikan film-film lain karena kami tidak mau ada kesalahpahaman seakan-akan yang kami pilih lebih baik dari yang lain," tutupnya.

Turah berkisah kehidupan masyarakat desa Tirang di tegal, Jawa Tengah yang terisolasi selama bertahun-tahun, salah satunya tidak adanya listrik dan air bersih. Darso, satu-satunya juragan kaya sekaligus penguasa ekonomi yang memberikan masyarakat di sana kehidupan. Namun, ada dua orang yang memberontak yakni Turah dan Jadag.

 

 

 

 

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com