Meminang Keindahan Tanah Minang

  • lae
  • 10 Februari 2018 | 08:13:03
  • 84 Kali Dilihat
Meminang Keindahan Tanah Minang
Saat menghadiri Hari Pers Nasional di Kota Padang, Sumatera Barat (9/2/2018)

Beritaenam.com - Saya hadir di acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Padang, dalam beberapa hari belakangan. Puncak acaranya Jumat (9/2) pagi di danau Cimpago, pantai Padang. Jokowi hadir bersama para Mentri, Kapolri, Panglima TNI. Para tokoh dan insan Pers juga hadir.

Kejadiran Jokowi membawa kesan tersendiri, bukan hanya buat insan pers, tapi juga masyarakat Minang, Sumatera Barat.

Selain meresmikan proyek-proyek pembangunan di kawasan Sumatera Barat, seperti biasa, Presiden juga menyerahkan sertifikat kepada masyarakat.

Jokowi sempat mengunjungi tempat tinggal tokoh pers Jamaludin Adinegoro. Rencananya lahan kosong itu bakal di jadikan museum. Adinegoro yang meninggal tahun 1967, selain dikenal sebagai sastrawan juga tokoh pers nasional.

Ketika berkunjung ke kediaman tokoh pers itu, sekaligus menegaskan komitmennya untuk merealisasikan niat keluarga besar almarhum untuk menjadikan tempat itu sebagai Museum Adinegoro.

Jokowi melihat tanah Minang yang nan elok. Di atas panggung, dalam sambutannya, dia bercerita, tahun 1983, seorang anak muda melakukan perjalanan naik bus selama tiga hari tiga malam dari tanah Jawa ke tanah Minang, dengan tujuan mendaki gunung Kerinci.

Anak muda itu tidak lain adalah dirinya. Dia terpesona dengan bangunan adat Minang, makanya dia hari ini mencanangkan untuk merevitalisasi 1000 rumah Gadang di daerah Solok Selatan.

 

 

Selain itu, Jokowi juga akan merevitalisasi sebuah desa nan elok yang pada kunjungannya kemarin sempat disinggahi. Desa nan elok itu terletak di Pariaman kab. Tanah Datar.

Jokowi memang concern pada pembangunan wisata di propinsi nan elok ini. Banyak obyek wisata yang belum diesplore secara maksimal. Ada jembatan Siti Nurbaya, pantai Malin Kundang, danau Singkarak, air terjun Lembah Anai, kelok Sembilan, goa Jepang, jam gadang, dan lain-lainnya.

HPN yang secara rutin di selenggarakan setiap tahun, kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Sumatera Barat.

Mengambil tema: Meminang Keindahan di Tanah Minang.

Pemberitaan luar biasa tentang Minang dalam benerapa hari belakangan ini, selayaknya mendapatkan apresiasi. Tidak hanya sekedar seremonial, setelah itu sepi dan kembali rutin, jangan sampai Minang hanya sekedar dikenang, tapi perlu dipinang. Lantaran elok dan menawan.

Saya benerapa kali datang ke tanah Minang, rasanya nggak bosan untuk sekedar menikmati keindahan laut, pukit, air terjun, dan tentu makanan khas nya.

 

.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com