Motor Tua Vincent Black Lightning Laku Rp12 M, Ini Keistimewaannya

  • lae
  • 29 Januari 2018 | 18:18:24
  • 76 Kali Dilihat
Motor Tua Vincent Black Lightning Laku Rp12 M, Ini Keistimewaannya
Motor Vincent Black Lightning.(Shutterstock)

Beritaenam.com - Sebuah motor klasik nan tua laku 929 ribu dollar AS (Rp12,37 miliar) di sebuah pelelangan di Las Vegas yang diadakan pada akhir pekan lalu. Tentu saja, uang sebesar itu dikeluarkan bukan untuk sembarang motor.

Motor yang dibeli dari Rumah Lelang Bonham tersebut, seperti diwartakan Carscoops, ialah Vincent Black Lightning produksi 1951 yang hanya dibuat sebanyak 30 unit di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, cuma 19 unit yang diketahui masih tersisa.

'Kuda besi' berusia sepuh ini dibuat dengan basis motor legendaris lainnya yakni Black Show, yang kerap dianggap sebagai superbike pertama di dunia.

Bagaimana tidak, Black Shadow di masa kejayaannya pernah melaju 122 mil per jam (196,34 km per jam), lebih kencang dari mobil tercepat pada era itu, Jaguar XJ120.

Hebatnya, performa Black Lightning malah mengungguli sang pendahulu. Semua berkat mesin yang lebih bertenaga dan bobot yang diperingan.

Sebagai perbandingan, mesin Black Shadow berdaya 55hp, sementara dapur pacu Black Lightning bertenaga 70hp. Adapun komparasi bobot keringnya ialah 485 pounds berbanding 360 pounds.

Black Lightning juga pernah dipakai pebalap legendaris Rolland 'Rollie' Free untuk menorehkan rekor kecepatan tertinggi di Bonneville pada 1948 dengan hanya menggunakan celana renang demi meminimalisir berat.

Bonhams sendiri mengklaim, Vincet Black LIghtning yang baru saja berhasil mereka jual sebagai motor termahal yang pernah dibeli di pelelangan hingga detik ini.

 

.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com