Nikmatnya Lempah Kuning Khas Bangka Belitung

  • lae
  • 24 November 2017 | 12:01:05
  • 93 Kali Dilihat
Nikmatnya Lempah Kuning Khas Bangka Belitung
Sedang menikmati Lempah Kuning khas Babel.(foto:Be)

Beritaenam.com, Babel - Salah seorang teman facebook menyarankan kuliner Lempah Kuning, sejenis soup tapi bumbu kuning. Bahannya aneka ikan laut, diolah dengan bumbu rempah berkuah.

Saya jadi teringat rumah makan legendaris di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Yaitu RM Asui, yang terletak di jalan Yang Zubaidah 242 dan sudah hampir 10 tahun nggak ke sana, ini kembali mengunjungi Bangka Belitung.

Saya mampir ke restaurant Sea Food MR Asui. Lokasinya agak masuk ke dalam gang. Tapi sudah cukup dikenal, dan pengunjung pada jam-jam tertentu selalu ramai. Khususnya jam makan siang. Mulai banyak berdatangan pemburu kuliner khas ikan.

 

 

Menu andalannya adalah Lempah Kuning olahan serba ikan. Ada udang, cumi, kepiting, dan aneka jenis ikan tersedia. Ada ikan kerisi, kerapu, bawal, tenggiri, kakap, katarab, ikan jebung, lokan dan lain-lain.

Aneka olahan dibakar, di tim juga ada. Nah yang khas adalah Lempah Kuning. Saya pilih Lempah Kuning nanas. Ikannya pilih ikan tengiri.

Saya pilih ikan tengiri karena tekstur dagingnya khas, agak keras. durinya nggak begitu banyak. Apalagi ikan yang tersedia masih segar. Nikmat terasa berani bumbu rempahnya.

 

 

Satu porsi Lempah Kuning ikan tengiri, bisa buat 3 orang. Lumayan. Selamat mencoba, dan menikmati Lempah Kuning, hanya ada di Bangka Belitung.

Selesai makan siang, lanjut ngupi, cari kedai kopi khas Bangka. Kira-kira di mana ya?
#WisataKulinerKhasNegeriSendiri
(agi)

 

.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com