Pendiri Matahari Departement Store Hari Darmawan Ditemukan Meninggal di Sungai Ciliwung

  • Agus Blues
  • 10 Maret 2018 | 12:39:07
  • 157 Kali Dilihat
Pendiri Matahari Departement Store Hari Darmawan Ditemukan Meninggal di Sungai Ciliwung

Beritaenam.com, Jakarta – Kabar mengejutkan dengan kepergian selamanya Hari Darmawan pendiri Matahari Departement Store dan juga Taman Wisata Matahari (TWM) yang berada di Jalan Raya Puncak KM. 77-78, Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini. Hari Darmawan telah tewas saat ditemukan yang mengambang di aliran Sungai Ciliwung, Sabtu (10/3) pagi tadi.

"Jenazah Pak Hari Darmawan ditemukan Kali Ciliwung dengan jarak sekitar 100 meter dari lokasi diduga hilangnya korban," ujar Kapolres Bogor AKBP Andi M. Dicky melansir dari TribunnewsBogor.com, seusai dilakukan pencarian oleh sejumlah karyawan TWM.

Siapa Tan Tjan Hok atau namanya lebih populis dengan Hari Darmawan yang kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 27 Mei 1940 ini. Melansir dari Wikipedia, berbekal dari latar belakang keluarganya sebagai pengusaha di Makassar yang berhubungan di bidang produk pertanian. Hari yang dilahirkan dari keluarga besar 12 bersaudara, harus berjuang untuk membangun kembali usaha dari awal, di tahun 1950-an itu.

Karena Hari kecil menyimpan prinsip ingin selalu menjadi pemenang, maka roda uaha yang dijalankan dengan ketekunan, ulet, jujur dan terpenting pantang menyerah ini, singkat cerita ia bertemu dan menkahi putrid dari pemilik toko serba ada Mickey Mouse, meski tokonya hanya berukuran kecil yang berada di Passar Baru, Jakarta Pusat.     

Akhirnya toko itupun berpindah tangan, setelah ayah mertua Hari Darmawan menjualnya. Di bawah pengelolaannya, toko pun berkembang pesat. Hingga pada tahun 1968, Hari Darmawan mampu membeli toko serba ada yang terbesar di Pasar Baru, yakni toko De Zon (dalam bahasa Indnesia artinya Matahari). Sampai akhirnya, tokok dua lantai yang menempati di atas lahan seluas 150 meter persegi, berubah menjadi Matahari yang peresmian tanggal 24 Oktober 1958, di bilangan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com