Pengamat: Sejak 2014 Tak Sekalipun Lewati Elektabilitas Jokowi, Bisa Saja Prabowo Lepas Tiket Capres

  • lae
  • 17 April 2018 | 05:43:07
  • 36 Kali Dilihat
Pengamat: Sejak 2014 Tak Sekalipun Lewati Elektabilitas Jokowi, Bisa Saja Prabowo Lepas Tiket Capres
Prabowo Subianto

Beritaenam.com, Jakarta - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai bisa saja terjadi Prabowo Subianto akan melepas tiket calon presiden yang akan diusung oleh Partai Gerindra kepada sosok lain.

Selain terkait logistik finansial, Hendri Satrio menilai elektabilitas Prabowo dibawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi persoalan penting lainnya yang layak menjadi pertimbangan.

"Bukan hanya soal logistik, tapi dari berbagai hasil survei memang menunjukan disparitas Jokowi terhadap Prabowo terlalu jauh," ujar Pendiri Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Senin (16/4/2018).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sekaligus anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil menyebut Prabowo Subianto akan melepas tiket calon presiden yang akan diusung oleh Partai Gerindra.

Secara pribadi Nasir mengatakan Prabowo akan memberikan tiket capres itu untuk orang lain karena menurutnya Ketua Umum Gerindra itu belum mengisi penuh logistiknya kembali pascakekalahan di Pilpres 2014 lalu.

Dia juga memprediksi bisa saja terjadi Prabowo akan menyerahkan tiket Capres kepada sosok lain.

Karena dia menduga, saat Rakornas lalu, Prabowo menerima pinangan Partai Gerindra guna menjaga soliditas Partai menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Menurutnya, hasil Pilkada 2018 akan menjadi pijakan dalam memastikan tiket Capres Prabowo di 2019.

Apalagi dia menilai ada banyak calon lain yang kalau digodok akan lebih berpeluang untuk mengalahkan Jokowi.

"karena sudah disurvei berkali-kali sejak 2014 hingga sekarang nama Prabowo belum sekali pun muncul melewati Jokowi," jelasnya.

Untuk itu, imbuhnya, pandangan elite PKS itu harus dijadikan sinyal bagi Gerindra dan Prabowo untuk menatap Pilpres 2019.

"Karena itu wajar kalau Nasir Djamil bilang begitu karena bisa saja hal itu terjadi," ujarnya.

Ia pun mengutip Survei Nasional Opini Publik 2018 Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) yang diluncurkan Sabtu (14/4/2018).

Elektabilitas Jokowi tertinggi, Gatot Nurmantyo Cawapres favorit, TGB Zainul Madji paling religius.

Survei ini menampilkan elektabilitas sejumlah nama calon presiden dan wakil presiden.

Joko Widodo saat disandingkan dengan sejumlah nama masih dominan (48,3%) diikuti Prabowo Subianto (21,5%), Gatot Nurmantyo (2,1%) lalu TGB Zainul Madji, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono yang sama-sama mendapatkan 1,1% suara.

“Jadi jika Jokowi, rematch hari ini menghadapi Prabowo, maka ia tetap lebih unggul,” kata Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio.

Pada pertanyaan terbuka Jokowi juga berada pada posisi teratas top of mind masyarakat sebagai calon presiden (35,1%). Sedang Prabowo berada posisi berikutnya dengan 12,0%.

Lalu diikuti sejumlah nama lainnya, Gatot Nurmantyo (1,1%), Agus Harimurti Yudhoyono (0,7%), TGB Zainul Madji (0,5%) dan SBY (0,5%).

“Nama-nama lainnya tak sampai 0,5% ada Hari Tanoe, Anies Baswedan dan Edy Rahmayadi dll,” tambah Hendri.

 

Sementara itu, Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Vivi Zabkie mengatakan bahwa untuk posisi Wakil Presiden, Gatot Nurmantyo menjadi favorit.

Saat ditanya, diantara nama-nama berikut siapakah yang akan Anda pilih menjadi Wakil Presiden Indonesia mendatang, hasilnya publik memilih Gatot Nurmantyo (17,5%).

Lalu diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (8,7%), Anies Baswedan (8,6%), TGB Zainul Madji (6,2%), Abraham Samad (4,1%), Tito Karnavian (3,9%), Muhaimin Iskandar (1,7%), Rizal Ramli (1,1%) dan nama nama lainnya.

Saat publik diajukan pertanyaan terbuka, bila pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang akan anda pilih sebagai Wakil Presiden? 4,6% responden menyebut nama Gatot Nurmantyo.

Nama lain yang menempati top of mind publik sebagai calon wakil presiden adalah TGB Zainul Majdi (4,4%) dan Agus Harimurti Yudhoyono (4,3%).

“Ini adalah tiga nama teratas yang dipikirkan masyarakat sebagai calon walaupun sebagian besar masyarakat belum memutuskan soal calon wakil presiden ini (53,5%),” jelas Vivi.

Sumber: tribunnews.com

 

.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com