Pepes Jambal Walahar yang Bikin Penasaran

143

Beritaenam.com – Bendungan Walahar yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, dikenal dengan daya tarik wisata pemancingan. Bendungan peninggalan belanda ini selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk melepas penat.

Seiring dengan perkembangan kekinian, bendungan Walahar mulai menggeliat sebagai kawasan wisata kuliner paling di cari. Makanan khasnya adalah pepes jambal.

Kalau googling dengan nama pepes jambal walahar, akan muncul banyak rumah makan, seperti Haji Emin, Ema, Bu Dirdja, Mom Abel, Ibu Mamah, dan lain-lain.

Penasaran, Minggu (19/8) beritaenam.com mampir ke Walahar, tujuannya ke warung pepes jambal H Emin. Tapi yang dituju sedang tutup.

Akhirnya di lanjutkan perburuan di warung sebelah, ketemu warung Ibu Mamah dan langsung pesan pepes jambal dan ikan bakar cobek. Menu varian ada sate marangi.

Yang dimaksud jambal tak lain adalah potongan ikan patin yang di pepes. Selain itu ada pepes ikan asin peda, pepes ikan mas, pepes ayam, dan lain-lain.

Ada menu tambahan, seperti tahu, tempe goreng, bakwan udang, sayur asam, lalaban dan sambal bawang khas serta orek tempe. Semua tersaji komplit. Kecuali menu pesanan, yg tersaji dihitung berdasarkan yg di makan.

Makan di warung Ibu Mamah, langsung mencoba tracking rasa, pepes jambalnya, ya lumayan. Pepes peda, enak. Ikan bakar sambal cobaknya, wuihh menggoda.

Yang bikin ketagihan, sambal bawangnya nagih dan gurih. Nggak terlalu pedas, tapi terasa maknyuss.

Nggak sia-sia menyusuri jalan Pantura, agak sedikit merambat karena kendaraan padat merayap. Keluar tol Bekasi Timur, sitempuh dalam waktu 20 menit sampai tujuan. Perut lapar terobati dengan menu khas sunda sajian Ibu Mamah.(*)