Pesona Batu Karang dari Utara Taiwan

107

SALAH satu objek wisata alam yang menjadi primadona di Taiwan adalah Yehliu Geopark. Terletak di sepanjang pesisir pantai distrik Wanli, New Taipei City, tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan batu karang beraneka bentuk yang sangat menakjubkan.

Di kawasan semenanjung dengan panjang 1.700 meter ini, para pengunjung bisa melihat batu karang berbentuk cendawan, es krim, sarang lebah, jahe, serta gorila. Ada pula bebatuan yang berbentuk seperti sepatu peri, lilin, tofu , dan yang paling terkenal dan menjadi simbol dari tempat ini yaitu queen’s head, batu berbentuk kepala ratu yang seolah sedang menghadap ke arah kanan.

Di sepanjang pantai, para pengunjung juga bisa melihat berbagai macam fosil nan rupawan seperti fosil makhluk hidup, fosil berbentuk bintang serta rumput laut. Indahnya pesona bebatuan di tempat ini tercipta karena adanya proses pengikisan serta pelapukan akibat hantaman ombak Samudera Pasifik dan pergerakan lempeng bumi yang terjadi sekian lama.

Namun, karena proses alam akan terus-menerus terjadi, maka batu-batu karang tersebut dipastikan tidak akan bisa mempertahankan bentuknya seperti semula. Dampak dari embusan angin, pancaran sinar matahari, air hujan, terjangan air laut serta monsoon yang sangat kuat akan membuat batu-batu tersebut mengalami perubahan bentuk.

Seperti yang terjadi pada batu karang queenís head . Fenomena alam telah membuat perubahan yang cukup signifikan pada batu yang menjadi landmark kota Wanli ini, yaitu di bagian leher yang semakin lama terlihat kian menipis. Sadar akan hal tersebut, pemerintah Taiwan dan pengelola Yehliu Geopark memberikan perhatian yang amat serius dengan melakukan langkah-langkah pelestarian yang cukup ketat.

Untuk melindungi batu-batu tersebut, di sepanjang area wisata, sejumlah larangan terpampang bagi para pengunjung. Setiap batu karang ditandai dengan garis pembatas berwarna merah yang menandakan bahwa batu-batu tersebut tidak boleh disentuh oleh para pengunjung.

Garis merah juga berfungsi sebagai tanda pengaman agar para pengunjung tidak melintasi area tersebut karena berbahaya. Sebagai langkah preventif lainnya, pengelola tempat ini juga mengerahkan puluhan petugas untuk meng ingatkan pengunjung agar mematuhi semua larangan tersebut demi keamanan bersama.

Fasilitas Optimal

Berkunjung ke Yehliu Geopark memberikan kesan tersendiri. Tak hanya karena keindahan batu karangnya, juga kenyamanan yang disuguh kan. Wisata alam ini mampu memberikan fasilitas yang mumpuni sehingga pengunjung tak hanya merasa aman, juga nyaman. Pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini, pengunjung akan menemukan taman kecil nan asri yang di sekelilingnya ditumbuhi pohon-pohon besar.

Di taman ini, pengunjung bisa menjumpai beberapa replika bebatuan karang di antaranya queen’s head. Taman ini dipenuhi pengunjung karena antusiasme mereka untuk berfoto. Mereka bahkan rela antre demi mendapat dokumentasi dengan sang ratu. Selain di taman ini, area foto bersama queen’s head di daerah pantai juga menjadi spot paling ramai dikunjungi.

Masuk ke area pantai, pengunjung bisa menyusuri jalan khusus yang dibuat dengan material khusus sehingga mereka tetap bisa merasa aman saat menapak meski jalan tersebut dalam kondisi basah selepas hujan. Tempat ini juga menyediakan anjungan khusus yang memanjakan mata pengunjung untuk melihat ke laut lepas.

Ada pula satu spot menarik yang menampilkan patung seorang nelayan. Konon patung tersebut adalah simbol dari kegigihan seorang nelayan yang menyelamatkan anak kecil yang jatuh dari kawasan ini. Patung ini sekaligus menjadi penanda bagi para wisatawan untuk senantiasa berhati-hati saat berada di tempat ini. Kebutuhan konsumsi juga bisa terpenuhi dengan baik karena Yehliu Geopark menyedia kan beberapa restoran di dalam area wisata.