Pondok Ale-Ale dengan Aneka Olahan Ikan Khas Kalimantan Barat

  • lae
  • 05 November 2017 | 05:10:28
  • 114 Kali Dilihat
Pondok Ale-Ale dengan Aneka Olahan Ikan Khas Kalimantan Barat

Beritaenam.com, Pontianak - Sebagai inspirasi destinasi wisata kuliner, hari pertama saya di Pontianak, yang di tuju kuliner khas kalimantan Barat. Ketemu Pondok Ale Ale, di jalan Puri Daranante, sungai Bangkong, Pontianak.

Lokasinya strategis, tempatnya cukup nyaman. Pelayan ramah dan komunikatif. Minimal buat pendatang, mereka akan jelaskan apa makanan khasnya, lalu paket hari ini apa.

Saya direferensi aneka olahan ikan, yang katanya hari itu lagi promo discount 50%. Saya pilih sop asam pedas. Ada dua varian asam pedas, ala pontianak sama ala Singkawang.

 

 

 

Saya pilih ala Pontianak yang nggak terlalu pedas. Ikannya saya pilih ikan lais, sejenis patin yang hidup di sungai Kapuas.

Bicara olahan sop asam pedas, ditawarkan macam-macam jenis ikan, mulai dari ikan laut sampai ikan sungai atau ikan rawa. Yang khas adalah ikan sungai Kapuas.

Aneka jenis dan cukup dikenal selain ikan lais, ada ikan baung, ikan blida, patin, sampai ikan betutu. Ikan betutu, memang agak mahal, bahkan jenis ikan ini kualitas ekspor.

Ikan betutu banyak di ekspor ke Jepang, kata pemandu. Ikan betutu, banyak hidup di kawasan Bintang dan Putusibau.

 

 

Setelah sop ikan asam pedas, saya pesan ikan kerapu harimau bakar. Sayurnya ada cah kangkung dan cah taoge. Tambahan lainnya, puyunghai yang didalamnya campuran daging kepiting.

 

 

Makan sudah tersaji. Dinikmati dalam kondisi lapar mengundang. Nah yang pingin ke Pontianak, silahkan coba di Pondok Ale Ale. Sambil nunggu makan tersaji, bisa sambil baca-baca buku.

Ya, di pojok ruangan ada perpustakaan, dengan aneka buku tersedia sebagai selingan menunggu santap makan.(agi)

 

.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com