Presiden Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

  • Fhey Marshall
  • 13 September 2017 | 10:33:26
  • 69 Kali Dilihat
Presiden Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

Beritaenam.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas empat pesawat Hercules yang mengirimkan bantuan untuk pengungsi Rohingya yang berada di perbatasan Myanmar-Bangladesh.

Bantuan ini dikirimkan setelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dan berdialog dengan perwakilan pemerintah Myanmar dan Bangladesh beberapa hari lalu.

“Di dalamnya (Hercules) ada beras bantuan makanan siap saji, ada family kits, tangga, air, tenda, serta pakaian anak dan selimut yang sangat diperlukan,” kata Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/17).

Presiden Jokowi menjelaskan, bantuan dikirim dengan pesawat karena dari pengalaman sebelumnya, pengiriman dengan kapal kontainer memakan waktu lama. Padahal, bantuan dibutuhkan pengungsi segera.

Bantuan yang berasal dari masyarakat, organisasi kemasyarakatan, pengusaha, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat akan dikirim dalam beberapa gelombang.

“Saya ucapkan terima kasih semua pihak dan dengan mengucap Bismillah bantuan kemanusiaan dari Indonesia menuju perbatasan Bangladesh Myanmar saya nyatakan diberangkatkan,” kata Jokowi.

Berdasarkan informasi yang diterima, empat pesawat ini mampu membawa bantuan hingga 34 ton. Pesawat dipilih menjadi pembawa bantuan sebab mampu mempersingkat waktu antar.

Bantuan ini dikirim bersama tim beranggotakan 18 orang dari TNI, BNPB, Kementerian Luar Negeri, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Mereka nantinya mendarat di Chittangong, Bangladesh.

Setelah itu, tim akan menempuh perjalanan sejauh 170 kilometer ke Cox’s Bazar, daerah kamp pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh dengan Myanmar.

PBB mencatat saat ini ada sekitar 370.000 warga muslim Rohingya yang mengungsi ke perbatasan Myanmar-Bangladesh dalam kondisi yang serba kekurangan. Gelombang pengungsi hingga hari ini terus berdatangan.

 

 

 

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com