Raih 97 Persen Suara, Al-Sisi Menang Telak di Pilpres Mesir

  • lae
  • 03 April 2018 | 16:29:39
  • 60 Kali Dilihat
Raih 97 Persen Suara, Al-Sisi Menang Telak di Pilpres Mesir
Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi.

Beritaenam.com, Kairo - Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, kembali memenangi pemilihan presiden secara telak dengan total perolehan 97 persen suara. Ini berarti Al-Sisi akan kembali memerintah Mesir untuk periode kedua selama empat tahun ke depan.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (3/4/2018), perolehan suara Al-Sisi dalam pilpres kali ini tidak jauh berbeda dengan pilpres empat tahun lalu. Namun untuk kali ini, jumlah pemilihnya jauh lebih rendah dari sebelumnya.

Menurut komisi pemilihan umum Mesir, jumlah pemilih dalam pilpres tahun ini hanya 41 persen dari 60 juta warga yang memiliki hak suara.

Kemenangan Al-Sisi dalam pilpres Mesir ini telah diprediksi sejak awal. Terlebih hasil hitung cepat saat pemungutan suara selama 3 hari resmi berakhir pada Rabu (28/3) lalu, juga menunjukkan dominasi Al-Sisi.

Selain Al-Sisi, hanya ada satu kandidat capres lainnya, yakni Moussa Mostafa Moussa, yang sebenarnya merupakan pendukung Al-Sisi.

Seluruh penantang Al-Sisi dari kelompok oposisi menghentikan kampanyenya pada Januari lalu. Penantang utama Al-Sisi ditangkap dan manajer kampanyenya dipukuli. Sedangkan para bakal capres lainnya mundur, dengan menyebut intimidasi sebagai alasannya.

Al-Sisi sendiri menegaskan dirinya tidak mendalangi aksi mundur para capres dari kalangan oposisi. Dia bahkan mengharapkan lebih banyak kandidat yang ikut dalam pilpres.

Terlepas dari berbagai kontroversi, komisi pemilihan umum Mesir menyatakan pilpres ini digelar sesuai dengan 'standar internasional untuk integritas dan transparansi tertinggi'.

Al-Sisi dinyatakan memenangi pilpres dengan meraih 21,8 juta suara, sedangkan penantangnya hanya meraup 656.534 suara. Jumlah perolehan suara Moussa bahkan ada di bawah jumlah surat suara tak sah yang mencapai 1,8 juta surat suara.

"Penampakan warga Mesir dari semua lapisan masyarakat berbaris mengantre sungguh luar biasa dan menginspirasi," ucap Al-Sisi dalam pidatonya usai dinyatakan memenangi pilpres. Ribuan warga Mesir merayakan kemenangan Al-Sisi dengan mengibarkan bendera Mesir di beberapa wilayah.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan ucapan selamat kepada Al-Sisi. Trump menyatakan AS akan memperkuat hubungan strategis dengan Mesir.

 

.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com