Sambel Mak Dower yang Nampol dan Bikin Sewot

  • lae
  • 24 November 2017 | 08:21:50
  • 109 Kali Dilihat
Sambel Mak Dower yang Nampol dan Bikin Sewot

Beritaenam.com, Jakarta - Bicara tentang sambal, sepertinya bukan sekedar pedasnya nampol sampe bikin sewot. Sebagaimana tagline Warung Mak Dower kuliner khas Betawi di jalan Pemuda, Jakarta Timur.

Bicara tentang sambal, harus memenuhi kriteria sedap dan nikmat. Soal pedas, bisa diatur mau pake level cabe berapa. Soal pedas dan nikmat, tergantung siapa yang meraciknya.

Ngomongin soal sambel nampol dan sewot. Di warung Mak Dower memang terkenal nampol. Dan belakangan sewot bukan hanya karena terlalu pedas.

Tapi memang bikin sewot karena cita rasa nggak sesuai dengan yang diharapkan. Hanya karena pingin mengejar kepedasannya, soal kenikmatan menurut saya masih kurang.

 

 

Baiklah saya mau mengupas soal warung Mak Dower. Boleh sekali-sekali mengupas kelebihan dan kekurangannya. Kekurangannya ada pada tagline sambal tapi hanya sebatas nampol pedasnya.

 

 

Harusnya yang ditonjolkan menurut saya adalah cita rasa khas Betawi. Apa itu? Saya cobain Gabus Pucung, nah ini rasanya benar-benar nampol, bikin sewot! Karena apa? Bumbunya berani dan meresap sedapnya.

Satu lagi, yang maknyus adalah Sayur Asem. Terasa pedas tapi sedap dan nikmat. Nah dalam urusan sayur asem, Betawi nggak ada lawannye. Terasa kuahnya sampe tetes terakhir.

Harusnya yang ditonjolkan Mak Dower ada di Sayur Asem dan Gabus Pucung. Di banding rumah makan Udin Combo yang cukup dikenal, saya merekomendasi di Mak Dower. Bener, terasa kuahnya kental, hitam dan maknyuss.

 

 

Saya diundang makan di warung Mak Dower oleh sabahat saya Dadan Ramadhan. Ngudang sahabat-sahabat koplak makan di Mak Dower.

Penasaran namanya yang unik, saya sempet-sempettin datang dan menyicipi cita rasa masakannya. Beda tempat, beda rasa, beda ciri khas.

Mak dower ciri lhasnya ternyata bukan di sambal yang nampol dan bikin sewot. Tapi Sayur Asem dan Gabus Pucungnya.(agi)

.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com