Sangarnya Seporsi Cita Rasa Bubur Ikan Ahian

  • Agus Blues
  • 26 Januari 2018 | 10:07:43
  • 106 Kali Dilihat
Sangarnya Seporsi Cita Rasa Bubur Ikan Ahian

Beritaenam.com, Pontianak – Di pontianak, ada makanan khas yaitu bubur ikan kakap. Ini salah satu ciri khas makanan khas kota Khatulistiwa ini.

Tapi saya nemu rumah makan bubur ikan Ahian, di Jalan WR. Supratman A-3, Pontianak.

Menu yang ditawarkan bukan hanya ikan kakap. Tapi juga aneka ikan, mulai dari ikan kakap putih, alu-alu, bawal putih, kerapu hingga hiu. Jika kedai bubur yang menyediakan aneka ikan, termasuk hiu, maka saya secara halus akan memberikan masukan untuk tidak lagi menyajikan hiu ke dalam buburnya. Sebab sepengetahuku, dan sudah bukan rahasia umum, kalau penghuni lautan ini sudah masuk daftar yang dilindungi.  Kembali ke pemesan bubur ikan, mau salah satu, atau bisa pesan campur campur. Mau dagingnya saja, atau campur sama kepala ikan kakap, juga bisa.

Eit jangan salah, bubur ikan di sini berbeda dari kebanyakan bubur. Pakai nasinya khusus. Kalau di campur baru namanya bubur, tapi kalau nasi di pisah namanya sop ikan. Bubur ikan dan sop ikan, sama saja. Yang membedakan di campur atau nasi dipisah.

Kuahnya bening. Disajikan dalam kondisi segar, berkuah bening tanpa bumbu. Silahkan ngeracik sendiri. Di meja sudah tersedia aneka bumbu. Ada sambal, merica, kecap asin, kecap manis. Kalau kurang gurih ada minyak ikan khusus. Jadi kalau nggak bisa ngeracik, ya rasanya hambar, tapi tetap segar. Cuma bumbu kurang nendang.

Tempatnya selalu ramai. Begitu masuk sudah disambut dengan koki yang sibuk meracik aneka sop atau bubur ikan. Tidak sempat istirahat karena pemesanan silih berganti. Tinggal pilih menu. Mau yang campur-campur, atau salah satu. Saya sih, pilih sop ikan campur kepala kakap putih. Dihidangkan panas dan fresh. Rasa ya segar, dengan porsi 'sangar'

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com