Sejarah Baru, Perempuan Arab Saudi Boleh Nonton Bola di Stadion

  • lae
  • 13 Januari 2018 | 07:39:13
  • 93 Kali Dilihat
Sejarah Baru, Perempuan Arab Saudi Boleh Nonton Bola di Stadion
Perempuan Arab Saudi menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung di sebuah stadion di Jedah, pada Jumat (12/1). Ini adalah sejarah baru di negeri itu.

Beritaenam.com - Sejarah baru tercipta di Arab Saudi, ketika pada Jumat (12/1/2017) perempuan Arab Saudi diizinkan masuk ke stadion untuk menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung.

Sejumlah besar perempuan Saudi, yang mengenakan jilbab dan beberapa di antaranya tak menutupi wajah mereka, ramai-ramai melambaikan bendera ketika menyaksikan pertandingan antara klub Al-Ahli kontra Al-Batin di Stadion King Abdullah Sports City, Jedah.

Para penonton perempuan masuk ke stadion untuk menyaksikan laga di kompetisi Liga Pro Saudi itu melalui pintu yang memang dikhususkan untuk perempuan dan keluarga.

Lamya Khaled Nasser, perempuan 32 tahun dari Jedah, kepada kantor berita AFP mengatakan bahwa ia sangat bangga dan sudah berharap bisa menyaksikan pertandingan tersebut.

"Ini membuktikan bahwa kami sedang menuju masa depan yang sejahtera. Saya sangat bangga bisa menjadi saksi perubahan besar ini," kata dia.

Ruwayda Ali Qassem, salah satu perempuan asal Jedah yang hadir di Stadion juga mengutarakan sentimen yang sama.

"Saya bangga dan sangat bahagia atas perkembangan ini dan atas kebijakan kerajaan dalam mengikuti perubahan yang telah diadopsi oleh banyak negara lain," tutur dia.

Pekan lalu Pemerintah Saudi mengumumkan bahwa perempuan di negeri itu akan diizinkan menyaksikan pertandingan sepak bola di stadion pada Jumat, Sabtu, dan Kamis pekan depan.

Kebijakan ini akan diberlakukan di seluruh kerajaan mulai musim depan, setelah semua stadion di Saudi sudah membangun fasilitas khusus untuk perempuan.

Al-Ittihad, salah satu klub raksasa di Saudi, juga menyambut baik perubahan itu. Klub tersebut akan menggelar laga derby pada Sabtu (13/1/2017) dan untuk pertama kalinya disaksikan oleh para penonton perempuan.

Menyambut peristiwa bersejarah tersebut, Al-Ittihad mengunggah sebuah foto wajah perempuan berwarna keemasan di akun Twitter resminya, sesuai dengan warna kebesaran klub tersebut.

"Fans Ittihad, lelaki maupun perempuan, adalah pendukung klub ini dan keberhasilan kami tak akan lengkap tanpa kebersamaan mereka dalam merayakan peristiwa bersejarah ini," tulis Al-Ittihad dalam akun Twitternya.

Riyadh sudah mengumumkan akan mengizinkan perempuan Arab Saudi masuk ke stadion sepak bola pada Oktober 2017 lalu.

Kebijakan yang menelurkan sejarah baru ini dinilai positif dan dipercayai sebagai langkah negara konservatif itu menuju kemajuan. (The Guardian)

 

.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com