Selain Pisang, Ini Dia Buah yang Mengandung Potassium

  • lae
  • 02 Januari 2018 | 19:02:11
  • 41 Kali Dilihat
Selain Pisang, Ini Dia Buah yang Mengandung Potassium
Buah jeruk

Beritaenam.com - Jika berbicara tentang potassium yang terpikir pertama kali pasti pisang, bukan? Namun, perlu Anda ketahui, buah yang mengandung potassium tak hanya pisang. Dalam menjaga keseimbangan potassium dalam tubuh, hal tersebut ternyata juga bergantung dari jumlah sodium dan magnesium dalam darah.

Terlalu banyak mengonsumsi potassium akan menyebabkan hiperkalemia sedangkan jika terlalu sedikit akan menyebabkan hipekalemia.

Untuk itu, mengosumsi mineral penting lainnya sangat diperlukan, salah satunya adalah kalium.

Kalium memainkan peran sebagai kunci dalam menjaga agar tubuh tidak terdehidrasi dan bekerja dengan baik.

Asupan kalium yang cukup sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, tulang, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah, sebagian orang mengalami kesulitan mendapatkan potassium yang cukup untuk tubuh. Melansir dari Boldsky, Selasa (2/1/2018) berikut daftar buah kaya potassium yang dapat membantu Anda dalam menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

Semangka

Semangka adalah sumber potassium yang kaya dan merupakan sumber likopen yang melimpah. Likopen adalah pigmen pada tumbuhan alami yang sering dikaitkan untuk mengurangi risiko kanker. Mengonsumsi buah semangka atau membuatnya dalam bentuk jus dapat membantu Anda dalam mencapai tubuh yang sehat.

Jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan merupakan sumber potassium yang baik. Satu gelas jus jeruk dapat memberikan 11% RDI karena mengandung potassium. Jeruk juga dikenal sebagai buah yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan radikal bebas, radang, serta penyakit jantung.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak monounsaturated yang dapat menyehatkan tubuh dan merupakan sumber potassium. Satu alpukat mengandung 20% RDI untuk potassium. Makan alpukat sehari-hari akan menurunkan BMI berat badan dan lingkar pinggang secara signifikan serta mampu menurunkan risiko sindrom metabolik.

Kelapa

Air kelapa tak hanya menyegarkan, namun juga terkenal sebagai obat alami rendah gula dan tinggi elektrolit. Salah satu elektrolit yang terkandung dalam buah kelapa adalah potassium yang sangat diperlukan untuk menyeimbangkan pH dan fungsi saraf dan otot.

Kismis

Buah kering satu ini akan memberikan Anda dosis potassium sebanyak 100 gram per hari. Kismis yang sudah dikeringkan memiliki banyak gula yang bisa membatasi asupan Anda dan memperbanyak konsumsi potassium.

Pisang

Pisang menyediakan sumber energi yang cepat sebelum berolahraga atau setelah sesi latihan berakhir. Jika Anda melakukan olahraga secara rutin, potassium dalam tubuh akan habis dengan cepat. Untuk itu, sangat penting untuk Anda mengonsumsi buah ini setelah olahraga tersebut.

Pepaya

Papaya adalah buah segar yang mengandung 12% potassium. Selain menjadi sumber potassium, pepaya memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti membantu orang yang menderita darah tinggi. Anda bisa memakan buah ini dengan cara dibuat salad atau langsung memakannya saja.

 

.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com