Sop Buntut Cak Choirul Bener-Bener Juaralah

  • 06 Oktober 2017 | 11:57:11
  • 167 Kali Dilihat
Sop Buntut Cak Choirul Bener-Bener Juaralah

Beritaenam.com, Sidoarjo, Jatim – Seperti biasanya saya selalu mengambil penerbangan pagi hari, acapkali DLK (Dinas Luar Kota), agar segala urusan bisa terselesaikan. Apalagi, Jumat (6/10), kepergian saya ke Surabaya mengambil jadwal penerbangan pulang pergi.

Pagi ini, penerbangan tanpa delay. Pesawat pun landing di bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, membuatku agak kepagian, memang. Usai berkeliling dan menemui beberapa orang, perut pun terasa minta jatah sarapan.

 

Pingin makan apa ya? Maka saya pun di antar ke salah satu rumah makan, namanya Soto Madura & Sop Buntut Cak Choirul yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Delta Mandala, Sidoarjo, Jawa Timur 61253. Pastinya tak begitu sulit untuk menjumpai rumah makan yang berada di ujung Jalan Mandala, Semambung sekitar  4 kilometer dari Aloha arah ke Bandara Juanda.

Katanya makanan khasnya soto buntut, kalau yang selama ini dikenal sop buntut. Ini soto buntut, racikan rumah makan sederhana pinggir jalan, milik Cak Choirul. Memasuki rumah makan saya disambut ramah pelayannya. Mereka gesit melayani para pelanggan yang rupanya sudah mulai berdatangan. Jam menunjukkan pukul 09.00WIB.

"Kalau jam makan siang penuh lho pak. Sampai nggak tertampung," kata Mas Andre, driver sekaligus yang memandu kami.

Saya masuk, lalu ambil tempat duduk dekat meja racik. Lho, saya ingat, ternyata saya pernah makan di tempat yang sama kurang lebih 10 tahun yang lalu. Sudah cukup lama. Nggak ada perubahan yang secara signifikan. Tempatnya masih sama, layanannya sama, dan pelanggannya mungkin ya itu-itu saja. Ditambah pelanggan baru, yang tau dari teman atau sahabat.

 

Rumah maka Choirul menyajikan aneka soto, buka mulai pukul 06.00WIB sampai tutup pukul 22.00WIB. Ada soto babat, soto daging, soto campur. Dan saya pesan makanan khas dan yang direkomendasi, yaitu soto buntut plus sumsum. Yang membedakan sop dan soto buntut, adalah kuahnya. Cita rasa kuah khas Madura. Dan memang terasa bumbunya berani dan menantang. Maknyuss lah pokoknya.

Sementara itu, rumah makan Cak Choirul yang sehari mampu menghabiskan sekitar 100kg buntut dan 40kg daging. Untuk harga seporsi sop bunut dipatok Rp 40 ribu, yah, standar dan layak untuk porsi lumayan banyak.

Dan jangan lupa, kalau ke surabaya coba rasa sotonya Cak Choirul. Maknyus melegenda similikithi pokoknya.

Tag :
Follow Us :

BERITA TERBARU

  • ©2017 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com