Tentara Kurdi Tangkap Dua Algojo ISIS Asal Inggris

  • lae
  • 09 Februari 2018 | 15:19:25
  • 157 Kali Dilihat
Tentara Kurdi Tangkap Dua Algojo ISIS Asal Inggris
Militan ISIS yang berhasil ditangkap pasukan Kurdi.

Beritaenam.com - Pasukan Kurdi di Suriah berhasil menangkap dua militan ISIS asal Inggris. Keduanya dikenal sebagai algojo ISIS, yang mengeksekusi dan menyiksa para tawanan perang di Suriah.

Diberitakan Reuters, Jumat (9/2), kedua orang itu teridentifikasi sebagai Alexanda Kotey dan El Shafee Elsheikh. Bersama dua militan lainnya, mereka dijuluki "Beatles" karena memiliki aksen Inggris yang sangat kental.

Menurut pejabat Amerika Serikat yang tidak disebut namanya, keduanya tertangkap di timur Suriah pada awal Januari lalu.

Juru bicara Komando Pusat AS di Suriah, Kolonel John Thomas, mengatakan saat ini mereka tengah mengorek informasi dari Kotey dan ElSheikh.

"Kami ingin mendapatkan informasi intelijen. Tapi sejauh ini belum ada informasi besar yang terungkap," kata Thomas.

Penangkapan kedua militan ISIS adalah bukti semakin terpojoknya kelompok bersenjata pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi itu.

Pada Januari 2017, AS menjatuhkan sanksi terhadap Kotey yang disebut penjaga "Beatles" dan terlibat dalam penyiksaan yang sadis seperti setrum dan waterboarding.

Sementara Elsheikh mendapat sanksi dari AS pada Maret 2017 karena kejahatan yang sama, termasuk menyiksa dengan memasung tawanan di kayu salib.

Namun yang paling terkenal dari "Beatles" adalah Mohammed Emwazi yang dikenal dengan nama "Jihadi John". Dia diyakini tewas dalam serangan udara pasukan AS dan Inggris pada 2015 di kota Raqqa, Suriah.

Emwazi terkenal karena kerap muncul dalam berbagai video eksekusi ISIS. Dengan bersenjatakan pisau, dia memenggal leher para tawanan ISIS di antaranya jurnalis AS Steven Sotloff dan James Foley, relawan bantuan AS Abdul-Rahman Kassig, relawan bantuan Inggris David Haines, dan jurnalis Jepang Kenji Goto.

 

.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com