Terima Pengajuan Justice Collaborator Setya Novanto, KPK: Kita Akan Pelajari Dulu

  • lae
  • 11 Januari 2018 | 07:33:44
  • 72 Kali Dilihat
Terima Pengajuan Justice Collaborator Setya Novanto, KPK: Kita Akan Pelajari Dulu
Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Beritaenam.com, Jakarta - Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan KPK secara resmi telah menerima pengajuan justice collaborator (JC) dari Setya Novanto dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

"Tadi saya cek (permohonan JC) sudah diajukan ke penyidik," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Rabu (10/1/2017) malam di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Diketahui Justice collaborator adalah salah satu pelaku tindak pidana tertentu, mengakui yang dilakukannya, bukan pelaku utama dalam kejahatan tersebut serta memberikan keterangan sebagai saksi di dalam proses peradilan.

Febri melanjutkan, surat permohonan menjadi justice collaborator dari Setya Novanto pastinya akan dipelajari penyidik bersama pimpinan KPK.

Menurut dia, ada syarat yang harus dipenuhi Setya Novanto sebelum pimpinan KPK menetapkan status juctice collaborator.

"Tentu nanti akan dibaca dan dipelajari dulu oleh tim dan dibahas bersama. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi," tegasnya.

Terpisah, ‎kuasa hukum Setya Novanto, Firman Wijaya mengatakan, pengajuan diri kliennya sebagai justice collaborator lantaran ingin bekerja sama dengan KPK dalam membongkar kasus megakorupsi.

"Iya saksi pelaku bekerjasama lah. Pastilah akan mengungkap (pelaku lain)," kata Firman.

Diketahui Setya Novanto didakwa mengintervensi pelaksanaan proyek pengadaan e-KTP di Kementerian Dalam Negeri, dengan memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi.

Atas tindakannya itu negara ditaksir mengalami kerugian mencapai Rp2,3 triliun.

 

.

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com