Warga Tolak Pemakaman Pelaku Bom, Risma: Saya Sedang Menunggu Fatwa MUI

  • lae
  • 18 Mei 2018 | 12:45:05
  • 71 Kali Dilihat
Warga Tolak Pemakaman Pelaku Bom, Risma: Saya Sedang Menunggu Fatwa MUI
Tri Rismaharini.

Beritaenam.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya belum mengambil sikap atas penolakan pemakaman jenazah pelaku bom tiga gereja di Surabaya. Wali Kota Tri Rismaharini mengaku masih menunggu fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk itu.

"Saya tidak berani karena ini terjadi gesekan dengan masyarakat sangat besar. Masalah satu belum selesai terus ada gesekan dengan warga, jangan sampai terjadi," kata Risma, Jumat (18/5/2018).

Risma mengaku telah berkirim surat dengan MUI untuk meminta penjelasan maupun fatwa terkait pemakaman pelaku teror sehingga bisa dijelaskan ke warga dan tidak terjadi penolakan serta gesekan.

"Saya sudah buat surat ke MUI, fatwanya seperti apa. Kalau sudah ada fatwanya saya baru berani jelaskan," ungkap Risma.

Untuk saat ini, Pemkot lebih memilih diam dan membiarkan warga melakukan aksi penolakan pemakaman bagi pelaku bom gereja di Surabaya.

"Sekarang saya nunggu fatwa MUI bagaimana, karena ada sebagian warga menolak karena tidak boleh bunuh diri," tambahnya.

Ketika ditanya, apakah ada lahan alternatif yang akan disiapkan sebagai pengganti TPU Putat Jaya yang ditolak warga, Risma menjawabnya dengan nada bercanda, "Ada, di langit."

Seperti diberitakan sebelumnya, Risma memang menyiapkan lahan untuk memakamkan pelaku bom bunuh diri jika memang tidak ada yang mau menerima jenazah mereka.

"Ya nanti bisa dimakamkan di pemakaman Pemkot," tuturnya pada Selasa (15/5/2018).

Namun ternyata warga di sekitar TPU Putat Gede yang diketahui merupakan lahan pemakaman Pemkot juga enggan menerima jenazah para bomber tiga gereja di Surabaya untuk dimakamkan disana.

 

.

 

Tag :
Follow Us :





BERITA TERBARU

  • ©2018 beritaenam.com

Portal Berita beritaenam.com