Site icon Beritaenam.com

29 Orang Korban Tewas Serangan Parade Militer Iran

Beritaenam.com, Teheran – Jumlah korban tewas dalam serangan di parade militer Iran menjadi 29 orang. Korban tewas itu terdiri dari masyarakat hingga anggota militer.

“Para teroris menembak dari jarak jauh, saat itu warga sipil yang sedang menonton parade tersebut terkena tembak,” ujar juru bicara Iranian Armed Forces, Brigadier-General Abolfazl Shekarchi, kepada kantor berita Iran, IRNA sebagaimana dilansir dari CNN, Minggu (23/9/2018).

Tiga dari penyerang disebut telah ditembak mati oleh petugas keamanan Iran, dan satu orang berhasil ditangkap.

Gubernur Khuzestan, Gholam-Reza Shariati mengatakan penyerangan tersebut dilakukan oleh kelompok sparatis Patriotic Arab Democratic Movement.

“Para teroris menyamar sebagai pasukan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dan sukarelawan untuk menembaki pihak berwenang dan orang-orang dari belakang stan selama pawai,” kata Gubernur Khuzestan, Gholam-Reza Shariati.

Sebelumnya korban tewas dalam parade ini berkisar 25 orang dan 60 luka-luka. Serangan ini terjadi di kota Ahvaz, provinsi Khuzestan, provinsi yang berbatasan dengan Irak, yang memiliki komunitas etnis Arab yang besar, dan merupakan salah satu medan tempur utama selama konflik antara Iran dan Irak pada tahun 1980-1988

Serangan terjadi saat parade militer yang digelar untuk menandai peringatan dimulainya perang dengan Irak. Parade militer ini digelar di banyak kota di Iran.

Media pemerintah Iran mengatakan para militan dianggap berada di balik serangan itu. Penembakan itu berlangsung selama sekitar 10 menit, namun pasukan keamanan telah berhasil mengendalikan situasi.

Exit mobile version