Site icon Beritaenam.com

4 Dampak Kurang Minum Air Putih, Cepat Lelah hingga Gampang Marah

Beritaenam.com – Memang sulit untuk menentukan seberapa banyak air yang harus kita minum setiap hari. Para ahli kesehatan bahkan belum menemukan jumlah yang tepat karena mempertimbangkan sejumlah variabel. Tubuh kita membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik.

Namun penting untuk diketahui, jika jumlah air yang kita minum cenderung sedikit, hal tersebut justru dapat memicu dehidrasi dengan gejala lain yang lebih luas.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Okezone rangkumkan empat reaksi tubuh ketika mengalami dehidrasi atau kurang minum air. Sebagaimana dilansir dari The Daily Meal.

Cepat lelah

Meski telah mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuh akan merasa cepat lelah jika dalam kondisi dehidrasi. Tanpa asupan air yang cukup, proses metabolisme di dalam tubuh akan terhambat. Secara tidak langsung, hal ini akan memicu timbulnya dehidrasi yang dapat menguras energi Anda.

Sakit kepala

Tidak hanya menguras energi, kurang minum air juga dapat memicu sakit kepala yang hebat. Pasalnya, tanpa air yang cukup, tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan sel-sel yang ada di dalam otal. Jika sudah demikian, otak Anda sebenarnya akan menyusut dan kehilangan cairan.

Saat otak menjauh dari tengkorak kepala, kepala Anda akan mulai merasakan sakit yang kuat dan terus menerus. Tidak perlu khawatir! Untuk menanggulanginya, Anda bisa meminum segelas H20 yang dapat menyegarkan tubuh dan menormalkan kembali fungsi otak.

Mudah marah

Saat kelaparan sebagian orang memang cenderung mudah tersulur emosi. Tapi tahukah Anda jika hal tersebut juga berlaku ketika Anda sedang kehausan? Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat memengaruhi suasana hati manusia secara signifikan.

Bahkan penelitian lain menyebutkan, sesehat apapun kondisi seorang wanita, saat mengalami dehidrasi medium suasana hati mereka akan menurun drastis dan mudah murah. Oleh karena itu, sebelum Anda membentak rekan kerja, segera isi botol air tubuh tetap terhidrasi.

Tidak fokus

Dua penelitian yang sama juga menyelediki efek dehidrasi pada kemampuan seseorang untuk berpikir jernih. Ditemukan bahwa dehidrasi tidak dapat membantu seseorang untuk berpikir jernih.

Sebaliknya, efek dari dehidrasi justru akan membuat seseorang kehilangan fokus. Jadi ingat, sebelum Anda mengikuti ujian, interview kerja, atau menghadiri rapat penting, pastikan Anda telah meminum air yang cukup.

Exit mobile version