Site icon Beritaenam.com

50 Media Asing Tinjau Ruangan Pusat Rekapitulasi Suara Internal TKN

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir di ruang pusat rekapitulasi internal.

beritaenam.com, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin memamerkan ruangan pusat rekapitulasi suara internal mereka kepada media asing. Ada sekitar 50 media asing yang berkesempatan meninjau langsung ruangan yang diistilahkan sebagai ‘war room’ yang berlokasi di Kantor High End, Jakarta Pusat.

Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir menjelaskan, kegiatan mengundang media asing ini merupakan upaya keterbukaan yang dilakukan kubu petahana. Sebab, selama ini tuduhan kecurangan selalu dialamatkan kepada kubu Jokowi-Ma’ruf.

“Di sini, semua media bisa melihat bahwa hasil perhitungan kami yang menunjukkan bahwa Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dalam real count tidak jauh berbeda dengan perhitungan KPU. Bahkan tak jauh berbeda dengan quick count beberapa lembaga survei,” kata Erick di Kantor High End, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2019.

Erick mengatakan, Pilpres 2019 berjalan dengan dengan baik meskipun belum sempurna. Terlepas dari kompleksitas sistem yang ada, kata dia, pemilu di Indonesia berjalan secara adil, jujur dan terbuka.

“Saya mengundang media asing ke war room ini untuk memperlihatkan bahwa kami bekerja sepenuh hati, jujur, dan total agar pemilu ini memberi manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia,” paparnya.

Erick menegaskan, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga, Indonesia patut menjadi contoh penyelenggaraan pemilu.

Ini bisa dilihat dari tingginya partisipasi pemilih yang mencapai 81 persen. Belum lagi apresiasi dari pemimpin negara dan banyaknya pengamat pemilu dari luar negeri.

Kesempatan media asing untuk melihat war room TKN mendapat apresiasi positif. Nogami, Kepala Biro media Jepang, Asahi Shimbun di Jakarta mengaku puas bisa melihat bagaimana sistem pendataan hasil pemilu 2019 bisa dilihat secara terbuka.

“Ini bagus, karena kami bisa melihat apa yang dilakukan TKN dalam mempertanggungjawabkan hasil perhitungan Pilpres 2019 lalu. Apa yang dilakukan TKN ini jauh lebih baik dari tim Prabowo dalam menjelaskan tentang hasil pemilu,” kata Nogami.

Selain Erick, kegiatan juga dihadiri Sekjen TKN Jokowi-Ma’ruf Hasto Kristianto, Direktur Relawan dan Saksi Lukman Edy dan Wadir Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma’ruf, Meutya Hafid.

Dilansir dari medcom.id, pada kesempatan itu wartawan asing juga menyaksikan proses para relawan mengisi data hasil C1 yang dikumpulkan dari seluruh TPS di Indonesia.

Perwakilan media yang hadir antara lain, Reuters, AFP, AP, Asahi Shimbun, Kyodo News, The Straits Times, dan The Sydney Morning Herald.

Ruang pusat rekapitulasi internal TKN Jokowi-Ma’ruf sebelumnya berada di Hotel Gran Melia. Namun, sejak Sabtu 27 April 2019 lokasi war room dipindah ke kantor TKN di Gedung High End lantai dua.

Exit mobile version