Site icon Beritaenam.com

Adian Napitupulu, Terkena Serangan Jantung di Pesawat?

Beritaenam.com — Menjadi ramai dibicarakan, ketika Adian Yunus Yusak Napitupulu atau biasa dikenal dengan Adian Napitupulu kena serangan jantung. Sakitnya heart attack, jantung, memang ada problem karena sudah pasang ring 5.

Anggota DPR dari PDI Perjuangan, yang dulu dikenal sebagai seorang aktivis politik. Aktivis yang memiliki rekam jejak yang cukup panjang dalam keterlibatannya dengan berbagai aksi.

Pernah kena stigma parlemen jalanan, ia di 1991, sempat ditangkap dan ditahan ketika menjadi buruh di sebuah pabrik kayu karena keterlibatannya dalam lima kali demontrasi dan pemogokan di pabrik, kemudian di PHK tak hormat.

Kuliah di  Universitas Kristen Indonesia (UKI) di Cawang, Jakarta dan mengambil jurusan hukum.

Pada tahun 1992, anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mendirikan kelompok diskusi ProDeo pada tahun 1994. Di 1995, melibatkan diri dalam berbagai pergerakan.

Tercatat, Adian mengikuti demonstrasi solidaritas terhadap Sri Bintang Pamungkas yang membuatnya ditangkap dan diinterogasi oleh polisi.  Keterlibatan Adian dengan PDI dan Megawati mulai terjadi pada tahun 1996.

Pada saat itu, dia mendirikan posko Pemuda Mahasiswa Pro Megawati yang merupakan satu-satunya organisasi non PDI yang memberikan dukungannya pada Megawati Soekarno Putri usai kejadian penyerbuan kantor DPP PDI pada tanggal 27 Juli 1996.

Dukungan yang diberikan Adian ini diwujudkan dengan mengumpulkan sejumlah kawan-kawan sesama akticis untuk menggalang demonstrasi solidaritas.

Suami Dorothea Eliana Indah di 2014 berhasil duduk menjadi anggota DPR dari PDI Perjuangan dari Dapil Jabar V.

Ayah dari Achilles Alvaro Adian Napitupulu dan Aurora Alethea Adian Napitupulu itu kolaps, saat di perjalanan menggunakan pesawat dari Jakarta ke Palangkaraya.
Selalu bersemangat dalam menjalankan tugasnya, tiba-tiba Adian merasakan sakit di bagian badan.
Rudianto Tjen di pesawat yang sama langsung merespon, tatkala Adian menyampaikan rasa sakit yang dirasanya. Awak kabin pesawat lalu, diberi tahu dan segera memberikan pertolongan pertama di dalam pesawat.
Sesampainya pesawat dan mendarat di Palangkaraya, pihak ground staff bandara sudah siap dan segera membawa Bung Adian ke RS Muhammadiyah dan kemudian dibawa ke RSUD Dorrys Sylvanus.
Pihak RS langsung menugaskan dokter ahli jantung Dr Mangap Sitorus untuk menangani. Wakil direktur RSUD yakni Dr Theodorus juga ikut mengobservasi.
Perkembangan terkini, Bung Adian Napitupulu dalam penanganan dokter untuk menstabilkan kondisi badannya terlebih dahulu.
Pasca stabilisasi kondisi yang dilakukan oleh tim dokter RS Muhammadiyah dan RSUD Doris Sylvanus, Adian akan dibawa ke Jakarta, tepatnya ke RS Medistra, untuk dilakukan penanganan.
“Penjelasan ini kami sampaikan mengingat begitu besar atensi dari masyarakat dan teman-teman media yang menanyakan hal tersebut,” ujar Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan dalam keterangan resmi.
Exit mobile version