Site icon Beritaenam.com

Ajak Anak SOTR, Tania Maisara: Saya Ingin Tanamkan Anak Berempati Sejak Usia Dini

Saat membagikan makanan sahur.

beritaenam.com, Jakarta – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, ampunan, rahmat dan kasih sayang Allah Subhanahu wata’ala. Karenanya, Ramadhan bagi umat Islam tak hanya menjalankan ibadah shaum yang diwajibkan, seperti firman-Nya tercatat dalam QS Al Baqarah ayat 183 – “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Lebih jauh, bulan Ramadhan momentum terbaik orangtua kepada anak-anaknya dalam memberikan pendidikan budi pekerti, berempati, welas asih atau peduli lingkungan sekitarnya dalam hal berbagi meringankan penderitaan orag lain.

“Makanya ketika saya bilang nanti malam Papa-Mama mau Sahur On The Road (SOTR), itu Zeo bukan main hebohnya, sebentar-bentar selalu nanya kapan jalannya, Ma?” papar sosialita Tania Maisara, ibu dari Zeo Clarion Lytroo yang duduk di kelas 2 SD ini.

Umumnya SOTR terbiasa melibatkan puluhan mobil dan motor. Namun Jumat (31/5), dini hari, pukul 12.25 WIB, mengawali kegiatan sosial dari rumahnya di bilangan Perumahan Graha Taman, Bintaro dan cukup menyasar seputaran Bintaro ini, Zio putra dari pasangan Emmanuel Alvino – Tania Maisara, hanya melibatkan sebanyak 3 mobil, sementara dua kendaraan yang ikut membuntutinya berisikan paket makanan untuk santap sahur.

“Memang sengaja kita ngak mau rame-rame, apalagi SOTR ini sebetulnya saya ingin menamankan sama anak bahwa saling berbagi kebahagiaan sangatlah indah. Setidaknya dengan berempati yang tertaman sejak kecil pasti akan terus membekas hingga dewasa nantinya ya?” ungkap Tania sambil matanya terus menatap kanan kiri jalan sekiranya ada memerlukan bingkisan makanan.

Memang bagi Zio, SOTR pengalaman pertama dalam hidupnya, hanya saja Tania menceritakan, sesekali menyertakan anak untuk berkunjung ke panti yatim dalam hal menolong sesama, beramal dan bersedekah.

“Jadi Papanya biasanya langsung menepikan mobil, begitu melihat ada anak jalanan dan saya memberikan uang. Andai di mobil ada makanan atau minuman juga saya berikan. Dengan begini dengan contoh nyata maka si anak akan belajar bagaimana berempati dengan orang lain,” katanya.

Makanya sambung Tania, “Lihat sendirikan? Zio yang malah minta supaya mobil menepi, karena melihat ada gerobak pemulung.”

“Ma…? Besok bikin Sahur On The Road lagi ya? Zio suka, Zio bisa lihat dan ngomong sama mereka. Tapi Zio sedih lihat anak kecil masih dijalanan dan tidur di gerobaknya. Memang ngak punya rumahnya?” ungkap Zio penuh kesedihan sambil kedua tangannya memegang pipinya.

Kegiatan sosial yang dilakukan pasangan suami istri, Alvino yang menyukai dunia otomotif serta doyan bercanda lewat karya Meme pribadi, bahkan sang istri tak jarang menjadi target Meme-nya.

Alvino mengatakan, lewat SOTR adalah bentuk lain untuk menanamkan berempati kepada orang lain, saling tolong-menolong, dan tidak mengecilkan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat.

“Dari SOTR sama Zio, saya mau kasih lihat biar larut malam dijalanan masih banyak orang yang harus mengais rejeki, iya dari pemulung, sopir taksi atau tukang ojek. Saya percaya dengan pengalaman baru pasti welas asih akan terus melekat dan terbawa sampai Zio dewasa,” kata Alvino si pemilik tiga mobil sport, dua MPV, dan tiga Moge ini.(*)

Exit mobile version