Site icon Beritaenam.com

Akhirnya Jokowi Tentukan Kepala BNN Hari Ini

aktivis dan jurnalis di istana

BERITAENAM.com —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hanya melantik enam menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12/2020) pagi ini. Ada Wakil Menteri dan Kepala Badan Restoran Gambut dan Mangrove.

Di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pukul 09.30 WIB juga melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Irjen Petrus Reinhard Golose, akan menggantikan Komjen Heru Winarko yang pensiun sejak 1 Desember lalu.

“Presiden memilih, mengangkat dan melantik kepala BNN hari ini juga atas masukan LSM dan media massa,” ujar Asri Hadi aktivis anti narkoba yang juga pengurus di Asosiasi Media Digital Indonesia.

BNN yang kini sudah berada langsung di bawah kendali presiden tertuang dalam UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Pasal 64 ayat 2.

Sosok kepala BNN itu, syarat utamanya menurut Asri Hadi adalah harus cakap, jujur, memiliki integritas moral yang tinggi dan memiliki reputasi yang baik.

“Seperti juga masalah teroris, penanganan narkoba memerlukan figure yang mengerti permasalahan narkoba, bukan reserse atau polisi biasa,” ujar S.S Budi Raharjo, Ketua LSM Ridma Foundation yang juga Ketua Forum Pimpinan Media Digital Indonesia tentang Kepala BNN beberapa waktu lalu.

Presiden sempat cari beberapa nama untuk kepala BNN: klik ini 

Hari ini diputuskan dilantik Petrus Golose, yang dikenal dengan panggilan Pego. Sebelumnya merupakan Kapolda Bali. Lulusan Akpol 1988 ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Penindakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Status Badan Narkotika Nasional (BNN) menjadi setingkat kementerian. Artinya, lembaga ini setingkat dengan Polri, Kejaksaan Agung, atau TNI. Mirip badan-badan yang ada yaitu badan khusus, seperti Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), atau Badan SAR Nasional (Basarnas).

Keenam menteri yang akan dilatik itu yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan M. Luthfi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Ada 28 Undangan yang hadir dalam proses pelantikan 14 orang pejabat baru di istana.

baca juga: Kepala BNN Setingkat Menteri

BNN Setingkat Menteri. Sudah Tahu Belum?

Exit mobile version