Site icon Beritaenam.com

Anjan Pramuka: “Dari Keluargalah, Awal Sebuah Generasi Terbentuk.”

Keluarga yang harmonis dapat menjadi benteng sekaligus media ‘dengar’

Beritaenam.com — Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) terus mengingatkan, cinta kasih keluarga merupakan musuh besar sindikat narkoba. “Kami terus melakukan berbagai upaya pencegahan, dalam kaitan penyebaran bahaya narkoba,” ujar Anjan Pramuka, Deputi Pencegahan BNN.

Anjan mengatakan, yang menjadi salah satu cara menghentikan narkotika adalah kekuatan rumah tangga, dengan ketahanan keluarga. Keluarga yang harmonis dapat menjadi benteng sekaligus media ‘dengar’ yang baik untuk anak-anak, khususnya pada usia remaja.

Masih dalam pelaksanan rumusan pengembangan model interensi ketahanan keluarga, kerjasama United Nations and Drug Control (UNODC), BNN dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelaksanaan seminar itu, dalam refleksi akhir tahun 2019. Dimana baru saja, Deputi Cegah BNN kopi darat dengan pimpinan media digital di Indonesia.

Komitmennya adalah, selalu libatkan komponen masyarakat, dari tokoh agama, relawan hingga masyarakat titik-titik terluar bangsa ini.

“Banyak cerita dari tim kami, yang human interest, mengenai masyarakat titik-titik terluar bangsa ini,” ujar Anjan memberi kesaksian dalam rangka pencegahan, secara nasional bergerak ke titik-titik ujung daerah di Papua hingga Sumatera Utara dan Aceh.

Relawan dari BNN bersedia mengabdi secara ikhlas, tanpa pamrih, dan tanpa diberikan imbalan. “Juga memiliki kemampuan dan kepedulian sebagai penggerak penyebarluasan informasi bahaya penyalahgunaan narkoba,” jelas polisi yang sebelumnya banyak bertugas di bidang pemberantasan narkoba ini.

Anjan menegaskan, keluarga memiliki fungsi-fungsi tertentu, yang dengan berfungsinya keluarga akan membangun masyarakat yang kuat. Keluarga akan berfungsi dengan baik apabila unsur pembentuk keluarga dapat berjalan dengan optimal.

Bila laki-laki sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah keluarga dapat menjalankan perannya dengan baik, dan perempuan sebagai istri yang memiliki peran sebagai istri, ibu dan pendidik generasi juga dapat menjalankan perannya degan baik, maka fungsi keluarga dapat terwujud dengan baik.

Terwujudnya fungsi keluarga akan membuat ketahanan keluarga juga terbentuk kuat. Ketahanan keluarga yang didefinisikan sebagai Kondisi dinamik sebuah keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik-material dan psikis-mental spiritual guna hidup mandiri.

Oleh karena itu, “Ketahanan keluarga harus dijaga kekuatannya. Keluarga merupakan sebuah institusi terkecil dalam masyarakat. Dari keluargalah awal sebuah generasi terbentuk. Itulah sebabnya, bangunan sebuah keluarga haruslah kuat supaya mampu menghasilkan generasi tangguh.”

baca juga: kerja relawan hingga ke papua

Exit mobile version