Site icon Beritaenam.com

Antrean Pemudik Mengular di Pelabuhan Merak

Suasana Pelabuhan Merak, Sabtu, 1 Juni 2019.

Cilegon – Memasuki empat hari menjelang Lebaran (H-4), pemudik memadati Pelabuhan Merak, Banten. Lonjakan penumpang yang hendak menyeberang ke Bakauheni, Lampung meningkat tajam, sejak kemarin malam hingga dini hari tadi.

Pantauan di lapangan, kepadatan pemudik roda empat di Dermaga VI Eksekutif dan di Dermaga VII khusus roda dua cukup tinggi. Petugas pelabuhan membagi antrean ke lima dermaga lainnya di Pelabuhan Merak.

“Tiap tahun pasti kena macet. Sistem baru yang melakukan perekaman identitas, sama saja pas waktu pakai uang tunai, tetap ngantre lama,” ujar Risda, pemudik dengan tujuan Bandar Lampung di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, 1 Juni 2019.

Sementara, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi mengatakan pihaknya telah memprediksi akan adanya peningkatan jumlah penumpang yang terjadi pada hari ini hingga besok. BPTD pun telah siap untuk menghadapi puncak arus mudik.

“Situasi ini memang sesuai prediksi. Antrean penumpang di seluruh dermaga meningkat. Tapi masih terbilang lancar dan kami upayakan antrean agar terurai secepatnya,” kata Nurhadi.

Pergerakan kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak terusdipantau. Kepadatan terjadi hampir di tiap dermaga, begitu juga di loket tiket memasuki dermaga, antrean terpantau cukup panjang.

“Jika kondisi pelabuhan terus padat, akan ada beberapa dermaga yang diberlakukan hanya memuat tanpa bongkar muatan. Itu bertujuan supaya mempercepat proses angkut muatan,” papar Nurhadi.

Exit mobile version