Site icon Beritaenam.com

August Hamonangan: Perizinan Satu Pintu Harus Selaras dengan Pemerintah Pusat Melalui OSS

Beritaenam.com — Anggota DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan, menekankan pentingnya keselarasan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam penerapan perizinan satu pintu melalui sistem Online Single Submission (OSS). Hal ini disampaikan August dalam sebuah acara di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (3/9).

Menurut August, penarikan kewenangan pemberian izin usaha dari daerah ke pemerintah pusat melalui OSS justru berpotensi memperlambat proses perizinan. Ia menyoroti adanya penumpukan permohonan yang menyebabkan antrean panjang di sistem tersebut.

“Justru pada saat diambil alih oleh pemerintah pusat, banyak antrean yang mengakibatkan lambatnya penyelesaian,” ujar August.

Sehubungan dengan itu, August mengimbau agar visi dan misi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pemerintah pusat harus selaras. Ia berharap perizinan yang dibutuhkan masyarakat dapat diakses dan diproses dengan cepat dan mudah.

“Saya berharap, selain penyelarasan visi-misi antara daerah dan pusat, perlu ada diskusi lebih lanjut untuk mencegah munculnya masalah seperti antrean panjang dan lambannya penyelesaian perizinan,” tutup August.

Dengan adanya keselarasan ini, diharapkan pelayanan perizinan bisa lebih optimal, memberikan kemudahan bagi masyarakat, serta mendukung iklim usaha yang lebih baik di DKI Jakarta.

Exit mobile version