Site icon Beritaenam.com

Awali Safari Kunjungi Ponpes Darul Ulum Jombang, Begini Pesan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

Beritaenam.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersafari ke sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur hari ini. Agenda diawali dengan mengunjungi ponpes Darul Ulum, Jombang.

Jokowi sudah tiba di lokasi, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018) sejak pukul 11.00 WIB dan langsung bertemu pimpinan ponpes. Sekitar pukul 12.00 WIB, Jokowi bertemu para santri dan jemaah.

“Siang hari ini saya berbahagia sekali bisa silaturahmi dengan bapak ibu semuanya siang hari ini dan saya lihat tadi ibu-ibunya cerah ceria. Sehat semua nggih? Sehat sedanten? Bapak-bapaknya sehat sedanten? Alhamdulillah. Sehat dan bahagia,” ujar Jokowi yang tampak mengenakan sarung dan kemeja koko putih.

Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari berbagai macam suku, adat, bahasa, hingga agama yang berbeda-beda. Ia menyampaikan pesan untuk menjaga persatuan dan persaudaraan.

“Marilah jaga ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah kita. Jangan sampai lupakan ini, kita sering karena pilihan bupati, wali kota, gubernur, atau pilpres, kita menjadi agak terpecah-pecah. Padahal pilihan-pilihan tadi setiap lima tahun ada,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Jokowi menggelar kuis kepada jemaah. Namun ia tidak memberikan hadiah berupa sepeda, melainkan foto bersama.

“Tidak boleh karena tidak diperbolehkan menurut aturan KPU. Aturan itu harus kita jalankan. Nanti kalau sudah Pilpres baru boleh lagi kasih sepeda,” tutur Jokowi, seperti dilansir dari detik.com

Selanjutnya, Jokowi bersafari menuju ponpes Tebuireng Jombang guna meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari. Acara dilanjutkan mengunjungi ponpes Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang dan ponpes Bahrul Ulum Tambakberas.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja di Jatim yakni Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, Seskab Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Johan Budi, dan Wakil Komandan Paspampres Marsma TNI Deny Muis.

Exit mobile version