Site icon Beritaenam.com

Bagaimana Transplantasi Feses Mengubah Hidup Saya

[ad_1]

Artikel ini pertama kali tayang di WAKIL Italia.
Mikrobioma manusia adalah hal yang indah. Penelitian terkini telah mengkonfirmasi bahwa triliunan mikroorganisme yang hidup di usus kita memainkan peran penting dalam fisik kita dan kesehatan mental – dan meskipun bidang penelitiannya baru, namun juga menjanjikan, karena membuka rahasia mikrobioma yang sehat dapat membantu kita menangani berbagai kondisi mulai dari Sindrom iritasi usus (IBS) bahkan berpotensi menjadi alkoholisme.
Jika usus yang bahagia menghasilkan sehat hidup, mikrobioma yang menyedihkan bisa membuatnya menjadi neraka yang hidup. Misalnya, Clostridium difficile (atau C. diff) adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan diare hebat hingga 20 kali sehari, dan bahkan membunuh Anda. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penggunaan antibiotik yang berlebihan dan, seperti namanya dalam bahasa Latin, bisa sangat sulit disembuhkan.
Selama beberapa dekade, infeksi C. diff diobati dengan antibiotik khusus, dengan keberhasilan terbatas – jadi para peneliti mencoba terapi pemadaman api dengan api. SEBUAH Studi 2013 menemukan bahwa Transplantasi Materi Feses (FMT) jauh lebih baik dalam mengobati C. diff daripada antibiotik. Juga dikenal sebagai bakterioterapi, FMT pada dasarnya adalah seperti apa bunyinya: materi feses yang disumbangkan oleh orang sehat ditransplantasikan ke seseorang dengan ketidakseimbangan bakteri usus. Karena kotoran kita terdiri dari 30 persen bakteri, transplantasi feses dapat meningkatkan mikrobioma yang sakit dengan bakteri usus sehat orang lain.
Rumah Sakit Gemelli di Roma adalah salah satu pusat FMT terkemuka di Eropa. Seperti kebanyakan rumah sakit umum, Gemelli melakukan perawatan hanya pada pasien yang terkena C. Diff, mengikuti aturan yang sangat ketat. Di Italia, prosedurnya diatur oleh Pusat Transplantasi Nasional, sebuah lembaga yang mengesahkan fasilitas yang diizinkan untuk melakukan transplantasi organ. Meskipun kotoran lebih banyak tersedia daripada ginjal, risiko operasi tinggi.
“Saya selalu bercanda bahwa menjadi donor jantung lebih mudah daripada donor tinja,” kata Dr Maurizio Sanguinetti, ahli mikrobiologi dan direktur departemen penyakit menular di rumah sakit Gemelli. “Mengidentifikasi seseorang yang dapat menyumbangkan mikrobioma mereka lebih sulit dari yang Anda kira.”
Anda mungkin berharap mikrobioma Anda sehat karena Anda merasa sehat, tetapi itu belum tentu benar. Usus kita bisa mengandung virus dan bakteri berbahaya yang akan menimbulkan kerusakan jika ditransplantasikan ke mikrobioma lain yang rapuh. Itulah mengapa skrining untuk sampel yang tepat bisa memakan waktu berminggu-minggu. Seperti yang dijelaskan oleh Dr Sanguinetti, darah dan feses donor potensial diuji beberapa kali untuk masalah pencernaan, virus lain yang diketahui, seperti HIV dan hepatitis (plus masih banyak lagi), serta kondisi lain yang kami tahu mungkin terkait dengan kesehatan usus, seperti autisme, skizofrenia, diabetes dan penyakit jantung.
Untuk alasan ini, Gemelli sedang mendirikan bank donor yang dapat diandalkan. Setelah kecocokan ditemukan, feses disaring, dicampur dengan larutan garam dan ditransplantasikan – segar atau beku – melalui kolonoskopi atau enema. Suatu saat, implan ini bisa tersedia dalam bentuk kapsul.
Marisa Capezzuto, 38, adalah seorang fotografer di Minnesota. Dia mengidap penyakit Crohn dan dulunya mengalami infeksi C. diff berulang. “Itu sangat menyakitkan dan membuat stres,” katanya. “C. diff memberi saya diare encer lebih dari sepuluh kali sehari, ditambah mual, demam, dehidrasi dan sakit perut. ” Pada puncak penyakitnya, dia hampir tidak bisa meninggalkan rumah atau tidur nyenyak. “Saya dirantai ke toilet,” katanya.
Setelah beberapa kali gagal mendapatkan antibiotik mahal, dia memutuskan untuk melakukan transplantasi feses pertamanya di University of Minnesota. Enam bulan kemudian, C. diff kembali dan dia menjalani FMT kedua di Mayo Clinic di Minnesota. Dalam kedua kasus tersebut, pendonornya secara anonim bersumber melalui bank. Sekarang, infeksinya tampaknya hilang selamanya. “Mungkin terdengar konyol, tapi itu penyelamat bagi saya,” katanya.
Guru sekolah dasar Alice Ten Havre, dari Elburg di timur Belanda, juga berhasil dirawat karena C. diff dengan transplantasi feses. Pria berusia 54 tahun itu jatuh sakit pada Januari 2018 setelah lama mengonsumsi antibiotik untuk melawan infeksi saluran kemih. Dia awalnya menggunakan antibiotik untuk mengobati C. diff-nya juga, tetapi pengobatannya tidak berhasil.
Havre menjalani transplantasi feses di rumah sakit Isala di dekat Zwolle, dengan tinja dari bank donor Belanda. Dia menghabiskan tiga hari di rumah sakit dan sembuh total hanya beberapa minggu kemudian. “Itu sukses besar,” katanya. Bakteri tidak pernah kembali.
Hasil FMT pada infeksi C. diff sangat luar biasa sehingga konsensus ilmiah tentang pengobatan terbentuk cukup cepat. Karena penelitian tentang mikrobioma manusia membuat penemuan yang mengesankan, para ilmuwan juga mencari cara untuk menggunakan transplantasi feses untuk menangani berbagai masalah medis. Misalnya, Dr Sanguinetti mengatakan penelitian terkemuka pada hewan yang terkena kondisi yang mirip dengan autisme telah menemukan penurunan gejala setelah transplantasi feses. Yang lain sedang mempertimbangkan untuk menggunakan FMT untuk mengobati IBS, komplikasi dari kanker usus besar dan bahkan alkoholisme.
Tapi masih banyak yang belum kita ketahui tentang FMT. Untuk satu, tidak jelas apakah perawatan menyembuhkan gejala atau penyebab masalah medis. Kami tidak tahu apakah temuan para peneliti itu hanya korelasi. Kami tidak tahu mikroorganisme kecil mana di dalam mikrobioma yang membuat perbedaan dan mana yang tidak.
“Ini bukan sci-fi,” kata Dr Sanguinetti, “tetapi sangat penting bagi kami untuk menghormati proses ilmiah yang ketat agar tidak memberi harapan palsu.” Secara keseluruhan, menurutnya sains berkembang cukup cepat, dan mengatakan kita mungkin akan melihat beberapa implementasi konkret segera.
Sayangnya, “segera” tidak cukup cepat untuk internet. Hasil pengobatan yang seringkali ajaib membuatnya terkenal secara online, dengan kelompok didedikasikan untuk berbagi informasi dan, yang lebih mengkhawatirkan, tip dan trik transplantasi DIY. Di beberapa grup Facebook, pengguna mengatakan mereka ingin mencoba prosedur untuk mengobati kondisi seperti kecemasan dan depresi, meskipun tidak ada konsensus ilmiah tentang keefektifannya untuk kondisi ini. Yang lain putus asa untuk menemukan solusi untuk masalah medis yang melemahkan yang berkaitan dengan usus mereka yang tidak sesuai dengan diagnosis yang akan diobati dengan FMT.
Itulah kasus Josiah Pugh, seorang fotografer berusia 35 tahun dari New Orleans. “Pada 2013, saya mengalami kecelakaan dan [technically] meninggal, ”katanya. “Saya diresusitasi dan tetap koma selama 13 hari.” Di rumah sakit, dia diberi antibiotik agresif yang menyebabkan masalah usus. “Diare pada dasarnya setiap jam bangun dan berkali-kali pada malam hari,” katanya. Meskipun gejalanya melumpuhkan, kolonoskopi awalnya tidak menunjukkan masalah dan dia dipulangkan dengan a disbiosis diagnosis, atau ketidakseimbangan mikrobioma umum.
Putus asa, tidak dapat bekerja dan benar-benar terisolasi selama lebih dari setahun, Pugh memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri dengan prosedur DIY. “Ibu saya adalah seorang ahli patobiologi dan takut saya akan menyebabkan infeksi yang fatal pada diri saya,” katanya, “tetapi saya melanjutkan ketika saudara laki-laki saya setuju untuk menjadi donor saya.”
Mengikuti instruksi yang ditemukan di situs web, dia menanamkan tinja beku melalui enema dan mengatakan dia melihat hasil langsung. “Meskipun tidak menyembuhkan saya sepenuhnya, sekitar 70 persen gejala saya hilang,” katanya.
Pada 2019, Pugh memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Inggris untuk ronde FMT lainnya untuk disbiosisnya, kali ini di Klinik pribadi Taymount. Di AS, mengobati disbiosis dengan FMT adalah ilegal. Tetapi beberapa klinik swasta di seluruh dunia, termasuk Taymount, secara kontroversial melakukan transplantasi bahkan dalam kasus di mana FMT tidak direkomendasikan oleh konsensus ilmiah saat ini. Prosedurnya juga sangat mahal; Pugh membayar sekitar € 4.500.
Terlepas dari risikonya, dia mengatakan dia senang dengan hasilnya: “Saya merasa begitu terperangkap oleh penyakit saya sehingga saya bahkan berbicara dengan orang yang saya cintai tentang kemungkinan mengakhiri hidup saya sendiri. Saya sangat senang dan bersyukur untuk melanjutkan. ”
Baik Dr Sanguinetti dan Dr Giovanni Cammarota, seorang ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Universitas Gemelli Roma, mengatakan Pugh sangat beruntung tidak mengalami komplikasi apa pun setelah prosedur DIY-nya. Tahun lalu, dua pasien di AS tertular E. Coli setelah transplantasi di rumah sakit, dan salah satu dari mereka meninggal.
“Orang memiliki masalah sulit yang ingin mereka selesaikan – itu sepenuhnya dapat dimengerti dari sudut pandang manusia,” kata Dr. Sanguinetti. “Tapi yang lebih penting adalah kami mencoba menghindari kerusakan lebih lanjut.”

[ad_2]

Exit mobile version