Site icon Beritaenam.com

BAZI – Kekuatan Takdir dan Sang Waktu

Kehidupan seorang manusia memang dinamis. Lahir, bertumbuh dewasa, bekerja, berkeluarga, berkarya, sampai akhir usianya.

Dalam perjalanan kehidupannya, dinamika naik turunnya grafik keberuntungan seseorang ditentukan oleh hubungan antara tanggal kelahirannya dengan jalannya Sang Waktu.

Waktu, adalah satu faktor yang sangat adil bagi semua orang. Selama manusia masih bermukim dan hidup di bumi, maka waktu berlaku bagi semua orang. Ia adil, tidak pandang bulu, tidak memandang ras, tidak memandang miskin atau kaya, bahagia atau tidak, dan seterusnya.

Dalam legenda Yunani, waktu disebut Kronos. Kronos, adalah sosok botak pada bagian kepala belakang, tapi memiliki ramput yang menjuntai panjang pada bagian mukanya.

Saat Kronos lewat, seseorang harus sesegera mungkin menjambak rambut depannya ini, agar ia bisa mendapatkan waktu, atau kesempatan.

Jika Kronos sudah lewat, maka ia tidak bisa dijambak rambutnya, karena bagian belakang kepalanya botak plontos.

Bagi seseorang, waktu bisa dianggap mendukung atau tidak. Namun, Sang Waktu tentu tidak peduli, apakah seseorang mengganggapnya demikian.

Ia terus melaju, tanpa memedulikan apakah seseorang menggunakan waktunya secara produktif atau tidak.

BaZi (baca: pa-ceu), adalah ilmu yang memelajari tentang hubungan antara tanggal kelahiran seseorang dengan dinamika Sang Waktu.

Dari hubungan ini, bisa diamati kapan seseorang berwaktu baik, atau berwaktu kurang mendukung.

Tentu saja secara pandangan umum, semua waktu adalah baik bila digunakan dengan baik dan tepat guna sehingga menghasilkan karya yang baik pula. BaZi dari tanggal lahir seseorang sangatlah unik.

Tiap orang memiliki waktu yang mendukung produktivitasnya, ada juga periode waktu yang tidak mendukung.

Pengetahuan tentang waktu yang mendukung atau tidak bagi seseorang sangatlah bermanfaat. Manfaat yang pasti setelah mengetahui BaZi masing-masing, adalah menggunakan periode yang bagus baginya dengan lebih proaktif, agresif dan progresif, sehingga menghasilkan karya yang signifikan.

Saat datangnya periode tidak mendukung, ia bisa menggunakannya untuk lebih santai, lebih “low-profile”.

BaZi, juga memiliki esensi interaksi antara Qi (energi) seseorang saat ia dilahirkan, dengan Qi waktu yang terus berjalan.

Hasil interaksi kedua Qi, manusia dan waktu, melahirkan naik turunnya grafik kehidupan. BaZi, bisa dipandang sebagai pengamatan terhadap satu ‘paket’ peta yang dikaruniakan oleh Sang Khalik saat seseorang dilahirkan.

Tergantung manusia itu sendiri, apakah mau menggunakan peta yang sudah dikaruniakan, atau ia tidak peduli dengan peta hidupnya sendiri.

Keberhasilan seseorang sangat ditentukan oleh keselarasan kehidupannya dengan waktu. Riset membuktikan bahwa keberhasilan seseorang amat ditentukan oleh kejeliannya dalam mengamati waktu.

Dengan mengetahui BaZi masing-masing, seseorang bisa tahu tentang arah hidupnya.

Dibarengi dengan kemauan, niat yang kuat, aplikasi kerja keras yang sesuai dengan peta BaZinya, niscaya seseorang bisa meraih banyak keberhasilan pada periode yang mendukungnya.

BaZi terdiri dari dua suku kata, Ba dan Zi. Ba, artinya delapan, dan Zi berarti karakter, atau tulisan. BaZi, secara harafiah berarti delapan karakter/tulisan.

Delapan karakter ini didapat dari tanggal, bulan, tahun dan jam kelahiran. Keempat data ini, secara BaZi, dikonversikan menjadi delapan elemen: empat elemen Langit (atas) dan empat elemen Bumi (bawah).

Empat elemen bumi, lazimnya kita sebut ‘shio’. Umumnya, kita hanya mengetahui tentang shio tahun kelahiran. Hanya satu dari kedelapan elemen BaZi, atau seperdelapannya saja.

Oleh sebab itu, dalam pembacaan dan pemahaman shio tahunan di media, seseorang hanya bisa mengetahui seperdelapan saja dari kebenaran tentang dirinya.

Yang perlu kita pahami melalui tulisan ini adalah tidak perlu kita mempercayai tulisan tentang shio secara mutlak.

Lihat saja orang yang memiliki shio yang sama, dengan asumsi tahun kelahiran yang sama, tetapi memiliki keberuntungan dan jalan hidup yang amat berbeda.

Pembacaan shio harian, bulanan, atau tahunan, hanya perlu kita aplikasikan 10% saja.

Pada tulisan mendatang, saya mengajak pembaca untuk menilik beberapa BaZi dari beberapa tokoh, agar kita memiliki pandangan yang lebih jelas tentang hubungan yang sangat erat antara waktu kelahiran seseorang dengan waktu berjalan.

Minimal saya berharap bahwa Anda lebih mengetahui bahwa kehidupan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh sepotong informasi dari shio tahun kelahirannya saja.

Masih ada pengaruh dari minimal tujuh elemen lainnya, ditambah dengan faktor dari waktu yang berjalan.

 

Exit mobile version