Site icon Beritaenam.com

Berapa Biaya Modifikasi Motor Kawasaki W175 Jokowi?

Beritaenam.com, Jakarta – Berbeda dengan motor modifikasi pertama yang berbasis mesin Royal Enfield Bullet 350, motor modifikasi kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil basis dari motor retro entry level, Kawasaki W175. Motor ini dibeli Jokowi saat ia menghadiri acara otomotif Tumplek Blek, Juli 2018 lalu.

Melihat data di situs kawasaki-motor.co.id, W175 dibanderol dengan harga Rp 29,8 juta dan Rp 31,1 juta OTR Jadetabekser (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang).

Dalam kondisi standar, W175 dibekali mesin berkapasitas 177cc satu silinder, karburator, dengan output torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm dan power maksimum 9,6 kW pada 7.500 rpm.

Jika pada motor modifikasi pertamanya Jokowi membeli secara utuh dari bengkel Elders Garage dan KickAss Choppers, seharga kurang lebih Rp 140 juta.

Maka untuk Kawasaki W175, ia serahkan pengerjaannya ke bengkel custom Katros Garage, Bintaro,Tangerang Selatan.

Lalu berapa kira-kira biaya yang mesti dikeluarkan Jokowi untuk memodifikasi Kawasaki W175-nya menjadi bergaya Bobber-Chopper?

Sayang, ketika ditanya, sang builder Katros Garage Andi Akbar, tidak bersedia menjawab detailnya.

“Kalau (biaya modifikasi) ini, dari pihak Istana minta nggak dibuka mas,” tutur pria yang akrab disapa Atenx, beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari detik.com

Kalau dilihat, ubahan yang dilakukan di W175 ini cukup banyak. Mulai dari memodifikasi area rangka, suspensi depan, pelek, ban, termasuk mengganti cover body, dan kelengkapan legalitas berkendara seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein.

Ubahan lain ada di bagian tangki, sepatbor depan belakang, jok, spion, hingga knalpot. Sementara dari segi dapur pacu, masih mengandalkan spesifikasi mesin standar.

Sedangkan pada motor pertamanya tertulis dalam daftar Laporan Kekayaaan Harta Penyelenggara Negara (LHKPN) motor bergaya chopper berwarna emas itu dibeli dengan harga Rp 140 juta.

Exit mobile version