Site icon Beritaenam.com

Berikut 11 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

Beritaenam.com – Kadang ketika seseorang mendengar kata donor darah yang terbayang adalah jarum infus besar yang menancap di tangan. Atau mungkin bagi beberapa orang yang agak paranoid menganggap mentransfusikan darah bisa membawa penyakit pada diri mereka.

Tentu saja informasi di atas ada benarnya. Akan tetapi, perlu diingat dan wajib diketahui bawah ada beberapa prosedur penting yang harus dilewati dulu ketika seseorang akan mendonorkan darah. Tidak sembarangan dan pastilah mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Tidak ditampik memang mentransfusikan darah punya efek samping, meski tidak berbahaya. Namun, sesungguhnya manfaat donor darah lebih banyak ketimbang efek samping ringan yang mungkin dirasakan oleh pendonor.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

Berikut ini informasi tentang Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya.

  1. Donor darah baik untuk kesehatan Anda, karena dapat mengurangi jumlah zat besi dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, orang yang melakukan donor darah 88% lebih kecil untuk menderita serangan jantung. Ini karena ketika seseorang memberi darah, zat besi dikeluarkan yang secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  2. Donor darah juga terbukti menurunkan risiko kanker. Donor darah yang konsisten dikaitkan dengan penurunan risiko kanker termasuk kanker hati, paru-paru, usus, lambung dan tenggorokan. Siapa yang tidak ingin menurunkan risiko kanker jika diberi kesempatan?
  3. Ketika seseorang mendonorkan darah, mereka mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis seperti pengukuran tekanan darah serta kadar kolesterol. Dua faktor penting dalam menjaga kesehatan.
    Orang-orang yang diperiksa tekanan darah dan kolesterolnya secara teratur dapat mengetahui masalah kesehatan lebih cepat.
  4. Seiring dengan pemeriksaan kesehatan, pendonor akan mendapatkan analisis darah gratis dan diberitahu tentang golongan darah mereka. Jika seorang pasien pergi ke dokter untuk mencari tahu golongan darah mereka atau mendapatkan analisis darah, itu pastilah tidak akan gratis. Namun, sebagai pendonor darah, pemeriksaan itu sepenuhnya gratis. Darah yang disumbangkan akan diperiksa untuk mengecek beberapa faktor kesehatan agar bisa dipastikan dapat digunakan atau tidak. Beberapa hal yang diperiksa termasuk HIV, sifilis dan hepatitis. Jika darah mengandung beberapa penyakit yang tidak memungkinkannya untuk disumbangkan, darah itu dibuang dan pendonor diberitahu tentang masalah kesehatan yang dialaminya.
  5. Ada beberapa manfaat menyenangkan dari mendonorkan darah yang mungkin belum Anda ketahui. Seperti mendapatkan beberapa barang atau makanan gratis. Para pendonor diberikan makanan ringan, roti, kue dan minuman gratis. Kadang-kadang bahkan ada panitia yang memberikan barang gratis seperti kaos, stiker, wadah makanan dan macam-macam lagi.
  6. Mengisi kembali darah bisa baik untuk tubuh. Donasi darah dapat memungkinkan penambahan persediaan darah donor, yang membantu tubuh donor tetap sehat, berfungsi lebih efisien, dan bekerja secara produktif.
  7. Menyumbangkan darah adalah cara tercepat untuk menurunkan berat badan bagi Anda yang ingin mengurangi timbangan. 650 kalori dapat dibakar ketika seseorang mendonorkan 450 ml darahnya.
  8. Dengan menjadi seorang pendonor darah, Anda dapat membantu meringankan masalah kesehatan orang lain.
  9. Anda dapat mencegah terjadinya penuaan diri jika sering melakukan donor darah.
  10. Donor darah yang teratur dapat meregenerasi kulit secara sempurna. Radikal bebas dalam tubuh akan meningkat jika kadar zat besi berlebihan. Radikal bebas inilah yang menyebabkan terjadinya penuaan diri.
  11. Ternyata menyumbangkan darah bisa membuat pikiran Anda lebih bahagia, loh. Selain kenyataan bahwa Anda telah membantu dan menyelamatkan orang lain, juga dapat mengetahui permasalah kesehatan sebelum itu menjadi buruk di masa depan.

 

dr. Irdawati Novita, Alumnus Kedokteran Tarumananegara 2006 adalah pakar aesthetic dari Atceanics Aesthetic Experts yang saat ini saat ini aktif dalam organisasi DPP Pemuda Bulan Bintang sebagai Wakil Ketua Umum.

Tentang : Experience in Aesthetic field such as asian skin problems (Acne Problems, Hyperpigmentation, mild skin lesion), skin rejuvenating program (Botox, Filler, Threadlift, Microneedling, Peeling), Detoxifying system (Vaginal Ozone, Hydrocolon therapy, Ozone system for Aesthetics), Celullar cell for aging program (Stemcell treatment for aging problems, freshcell, Platelet Rich Plasma Methode), Slimming Program.

Exit mobile version