Site icon Beritaenam.com

Berlangsung Tertib, Begini Suasana WNI Nyoblos di Inggris-Irlandia

Suasana Pemilu di KBRI London, Inggris. (Foto: Dok. KBRI London)

beritaenam.com, Jakarta – Warga Negara Indonesia (WNI) di Inggris dan Irlandia sudah melakukan pemungutan suara Pemilu 2019. Pencoblosan berlangsung di Gedung KBRI Londong.

Pencoblosan dilakukan pada Sabtu (13/4/2019), pukul 09.00 waktu setempat. WNI yang terdaftar memadati Gedung KBRI yang terletak di dekat Gedung Parlemen Inggris, Westminster.

Terdapat 3 Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang dibangun di dalam gedung KBRI London untuk menampung sekitar 1.850 orang pemilih.

Tercatat 7.599 pemilih di Inggris dan Irlandia, dengan rincian sebanyak 1.849 orang memilih di TPSLN dan 5.750 orang memilih melalui pos. Pemilihan dilakukan melalui 2 metode yaitu datang langsung ke TPSLN dan melalui pos.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Rizal Sukma menyatakan rasa syukur atas pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2019 di Inggris yang berlangsung tertib dan lancar. Rizal merasa bangga melihat antusiasme WNI di Inggris dalam menjalankan hak konstitusinya.

Dia juga mengapresiasi kerja keras PPLN dan KPPSLN sejak mulai persiapan hingga pelaksanaan pemilu sehingga dapat berjalan lancar.

Meski diakui adanya tantangan dan permasalahan, namun Rizal meyakini bahwa PPLN akan dapat menyelesaikannya dengan baik.

“Kita harus bisa menunjukkan ke publik Inggris melalui pemilu di London ini bahwa kita benar-benar negara demokrasi terbesar ketiga di dunia”, kata Rizal, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/4/2019), seperti dikutip dari detik.com

Warga yang telah memilih juga berkesempatan untuk melakukan temu kangen pada acara Bazaar di Community Hall yang berlokasi di sebelah gedung KBRI London.

Acara Bazaar yang diselenggarakan oleh KBRI London bekerja sama dengan PPI London tersebut menyuguhkan beraneka ragam makanan Indonesia dan hiburan masyarakat.

Exit mobile version